Cara Baru Mendidik Anak Siswa di Era Globalisasi

Kuninganglobal.com — Guru merupakan unsur utama dalam proses belajar dan pembelajaran, posisi guru dalam pendidikan berada di garis paling depan serta keberadaan guru dalam pendidikan menentukan berjalan tidaknya proses pembelajaran, dikarenakan seorang guru berperan penting dalam pendidikan.

Maka dari itu guru harus bisa mengelola situasi kelas agar para peserta didik dapat belajar dengan nyaman supaya dapat menyerap materi yang di ajarkan guru, selain pintar mengelola kelas guru juga harus kreatif dalam segala hal contohnya seperti mengevaluasi peserta didik dalam pembelajaran.

Pasalnya anak zaman sekarang khususnya di era globalisasi ini banyaknya anak-anak terutama anak SD lebih banyak meluangkan waktunya untuk bermain terutama bermain gadget, bisa di lihat di lingkungan sekitar banyaknya anak SD yang bermain permainan online di gadgetnya ini bisa menghambat proses belajar mereka.

Oleh karena itu seorang guru harus pintar-pintar dalam mengevaluasi siswa/siswinya agar proses evaluasi pembelajaran menarik sehingga bisa meningkatkan waktu belajar siswa agar siswa bisa dikatakan berhasil dalam proses evaluasi pembelajaran (nilai sesuai dengan KKM)

Berikut cara seorang guru agar dapat menarik perhatian siswa melalui evaluasi 1. Beritahu hal apa saja yang menarik mengenai apa yang akan di evaluasikan/yang akan dibahas, 2. Bertanya kepada siswa dengan santai, 3. Memberi hadiah kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar atau memperoleh nilai yang tinggi, 4. Guru harus ramah.

Penulis: Wulan Junengsih, mahasiswi prodi PGSD 3B STKIP Muhamamdiyah Kuningan

Baca Juga:  AWALI TAHUN 2023 HIMA PGSD STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN GELAR MAKRAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *