Tahun ini Prodi PGSD STKIP Mulai Terapkan Program Asistensi Mengajar

Kuningan, Walapatra.com Berkat hibah kerjasama kurikulum MBKM yang diraih oleh Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan tahun ini prodi yang mencetak calon guru SD itu siap implementasikan program asistensi mengajar.

Sebelum dilepas untuk mengikuti program asisteni mengajar mahasiswa pada pogram studi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) yakni semester 4 dan 6 lebih dulu diberikan pembekalan khusus oleh dosen prodi.

Pelaksanaan pembekalan dilalukan kedalam dua sesi, yakni hari Kamis dan Jum’at (4-5/2/2021), dengan mematuhi protokol kesehatan, dan bertempat di gedung A lantai 2 kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan. Peserta yang ikuti sebanyak 70 mahasiswa dan telah lulus administrasi.

Diantara materi yang disampaikan dalam pembekalan asistensi mengajar yaitu: pengenalan lingkungan dan kultur sekolah, mempersiapan media, model dan perangkat pembelajaran, serta etika profesi seorang guru.

Selain Dede Darkam, M.Pd selaku Ketua prodi PGSD, 3 dosen yang menjadi narasumber yakni Agatha Kristi Pramudikasari, M.Pd, Agus Saeful Anwar, M.Pd dan Irfan Fajrul Fallah, M.Pd.

Dede Darkam mengatakan, program asistensi mengajar ini merupakan implementasi dari program kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Mas Nadiem Makarim (Kemendikbud RI).

Dalam pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan pogram magang yang sudah di implementasikan oleh STKIP sebelumnya, namun semenjak kampus atau prodi kami mendapat hibah kurikulum MBKM.

“perbedaan yang mencolok dari program ini sebetulnya dari segi penamaannya saja, dan waktu pelaksanaannya juga lebih lama yakni satu semester, biasanya 2 pekan atau 1 bulan, kalau kegiatan selama disana tidak jauh beda dengan program sebelumnya,” terang Dede.

Senin depan (7/2) mahasiswa akan kami sebar ke 16 SD yang ada di Kabupaten Kuningan, dan akan diserahkan langsung ke pihak sekolah oleh para dosen pembimbing lapangan (DPL), pungkasnya. (gun)

Baca Juga:  Karya Tulis II Reza Aqilla Fadia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *