Les Privat, Apakah Solusi Tingkatkan Prestasi Siswa?

Kuninganglobal.com — Apakah kalian tahu apa itu les privat? Pasti kalian sering mendengar apa itu les privat, nah les privat itu adalah  kegiatan belajar yang diakukan diluar sekolah dan diluar jadwal jam belajar sekolah, bisa dirumah maupun dimana saja tetapi masih mengacu pada kurikulum yang diberikan oleh sekolah. Les privat sering kali disebut dengan tambahan belajar selepas pulang sekolah.

Sehingga les privat itu sangat penting bagi anak SD, tidak heran banyak sekali orang tua yang mendaftarkan anaknya untuk mengikuti program les privat. Nah apakah kalian tahu apa manfaat mengikuti les privat? Manfaatnya itu yang pertama bisa meningkatkan petensi siswa dikarenakan anak bisa lebih leluasa menanyakan materi yang belum dikuasai disekolah, yang kedua belajar bisa lebih fokus karena guru les privat hanya mengajar 1 orang saja, dan yang ketiga anak mengalami kemajuan pesat dalam belajar.

Pastinya les privat memiliki kelebihan serta kekurangan, kelebihannya, anak bisa lebih memahami materi, membantu anak menyelesaikan masalah kesulitan belajar di sekolah, dan mempersiapkan diri untuk ulangan. Adapun kekurangannya adalah biaya les privat mahal, kemudian menguras waktu, dan suasana cenderung membosankan dikarenakan hanya belajar dirumah.

Jika dikaitkan dengan evaluasi belajar maka, les privat itu penting bagi anak yang kurang memahami materi disekolahnya dikarenakan belajar disekolah itu guru mengajar banyak siswa jadi tidak terkontrol mana siswa yang sudah memahami materi dan mana siswa yang belum memahami materi, terkadang juga guru disekolah jika mengetahui masih ada siswa yang kurang paham tetapi tetap melanjutkan materi yang berikutnya dikarenakan mungkin mengacu pada RPP yang sudah direncanakan, dan juga bagi orangtua yang sibuk bekerja sehingga tidak ada waktu untuk mngajarkan anak belajar maka sangat woth it untuk mendaftaran anaknya mengikuti program les privat.

Baca Juga:  Pengurus Baru UKM KPM Uniku Dilantik

Terkadang juga ada orangtua yang tidak bisa menyelesaikan pekerjaan rumah anaknya dikarenakan orangtua tidak memiliki pengetahuan dibidang tersebut, dengan mengikuti program ini orangtua bisa menanyaan kepada guru les sejauh mana perkembangan belajar sang anak Namun bagi orangtua yang mampu dalam aspek materi dan tidak punya waktu untuk mengajarkan anaknya maka di rekmendasikan untuk mendaftarkan anaknya untuk mengikuti program les privat agar tidak tertinggal pemahaman belajar disekolah.

Namun bagi orangtua yang kurang mampu dalam aspek materi dan mempunyai peluang banyak waktu untuk mengajarkan anaknya belajar sebaiknya dibimbing belajar saja dirumah oleh orangtuanya, karena biaya les privat itu cukup mahal, kemudian hanya belajar dari satu pelajar kemungkinan hanya menggunakan satu metode belajar saja.

Untuk itu kembali lagi kepada orang tua masing – masing untuk kebaikan anaknya dimasa depan agar unggul dalam pengetahuan. Motivasinya yaitu belajarlah semaksimal mungkin disekolah agar tidak tertinggal pengetahuan, dan menambahlah jam pelajaran diluar sekolah agar kelak menjadi orang yang  pandai, because actually learning is for our own good not for others. (karena sesungguhnya belajar itu untuk kebaikkan kita sendiri bukan untuk rang lain).

Penulis: Nopi Novita, mahasiswi Prodi PGSD 3B STKIP Muhammadiyah Kuningan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *