Kolaborasi 3 LPPM PTMA: Workshop Penyusunan Standar Dokumen Penelitian dan PKM 2024

Kuninganglobal.comKolaborasi 3 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) yang terdiri dari STKIP Muhammadiyah Kuningan, STIKES Muhammadiyah Kuningan, dan Universitas Muhammadiyah Cirebon mengadakan “Workshop Penyusunan Standar Dokumen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat” dengan mendatangkan narasumber Prof. Dr. Muji Setiyo, S.T., M.T. dari Universitas Muhammadiyah Magelang.

Pelaksanaan workshop berlangsung selama 2 hari dari Senin-Selasa (12-13/02/2024) bertempat di STKIP Muhammadiyah Kuningan dan STIKES Muhammadiyah Kuningan.

Prof. Dr. Muji Setiyo, S.T., M.T. menyatakan bahwa, “setiap perguruan tinggi dalam melakukan penelitian terdapat unsur terpenting yaitu Kebijakan Penyelenggaraan Penelitian yang dikeluarkan dan ditanda tangani oleh Ketua atau Rektor, begitupun perlu disiapkan outcome dan output yang akan menjadi pendukung untuk akreditasi,” pungkasnya.

Agenda workshop hari Senin (12/02/2024) terkait Rencana Induk Penelitian, Rencana Strategis Penelitian, Rencana Operasional Penelitian, penyusunan Road Map Penelitian dan Kelompok Riset dan Payung Penelitian.

Sedangkan Selasa (13/02/2024) membahas Rencana Strategis Pengabdian Kepada Masyarakat, Rencana Operasional Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Roadmap Pengabdian Kepada Masyarakat.

Dalam arahannya Wakil Ketua I STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dr. Casnan, M.Si., menyampaikan harapannya, “saya sangat apresiasi dengan penyelenggaraan workshop ini melalui kolaborasi 3 Perguruan Tinggi yaitu STKIP, STIKES dan UMC. Tentu dengan penyusunan standar dokumen penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menjadi hal penting karena jika tidak ada, maka penelitian tidak terarah dan progresnya tidak bagus. Di dalam proses perencanaan juga dibutuhkan role model. Dengan adanya Road Map penelitian dan PKMmaka dapat terarah dan akan sesuai dengan harapan. Hal ini pun akan membawa rode map bapak/ibu mencapai target dan dapat meningkatkan rode map intitusi serta individu,” ucapnya.

Ketua LPPM STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dr. Oman Hadiana, M.Pd., pun mengatakan, “diselenggarakannya agenda workshop penyusunan standar dokumen penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bagian dalam persiapan menuju universitas supaya dapat terpenuhi dan bidang penelitian serta pkm dapat berkembang menjadi lebih baik, tidak lupa kami sangat bersyukur dapat berkolaborasi dengan STIKES dan UMC,” tuturnya. (Deliya)

Baca Juga:  Memiliki Program Edukasi yang Patut dicontoh, Sanggar Sentul membiasakan Para Siswa Menyanyikan Lagu Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *