Opini  

Tugas Guru Bukan Sekedar Mengajar

Kuninganglobal.com – – Menjadi seorang guru adalah cita-cita bagi sebagian orang. Dengan banyak pengorbanan yang harus diberikan, baik berupa materi maupun capek hati. Menjadi seorang guru tidak semudah yang dibayangkan, tidak hanya sekedar ucapan “anak-anak buka buku halaman 20, kerjakan lalu kumpulkan”. Sejatinya guru itu mengemban amanah yang amat besar, tanggung jawab yang sangat pula, karena ia dipercaya mampu membuat anak-anak bangsa menjadi seseorang yang berguna nantinya.

Sebagai seorang guru, mereka dihargai dimanapun keberadaan mereka, dicintai oleh banyaknya insan yang ada. Mengapa? Karena guru ini penghantar yang memberikan seseorang pengetahuan, mulai yang awalnya tidak tau menjadi tau, yang awalnya tidak bisa menjadi bisa. Sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan oleh semua orang.

Bagi sebagian orang, tugas guru itu hanya mengajar. Tidak! Tugas guru lebih dari itu, mulai dari mendidik, mengajar, membimbing, memberi arahan, memberi pelatihan, memberi penilaian dan memberikan evaluasi kepada peserta didik. Terkadang guru juga menjadi teman bagi anak didiknya, disaat anak didik tersebut mendapat masalah dengan keluarga atau temannya, mereka tidak sungkan untuk menceritakan kepada gurunya.

Menjadi seorang guru adalah tugas mulia, peran seorang guru pun tidak dapat tergantikan dalam hal mencerdaskan, meski teknologi berkembang begitu pesat. Saya pernah membaca sebuah kutipan yang mana berbunyi “Teknologi hanyalah alat. Dalam hal membuat anak-anak bekerja sama dan memotivasi mereka, guru adalah hal yang terpenting”.

Oleh: Sri Rahmawati, mahasiswi PGSD 3B STKIP Muhammadiyah Kuningan. 

 

 

 

 

Baca Juga:  Kehebatan Seseoran Tidak Melulu Diukur dari Prestasi Akademiknya Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *