Opini  

Pentingnya Teknologi Pada Pendidikan di Masa Pandemi

Kuninganglobal.com – – – Masa pandemi masih terus berjalan hingga saat ini. Pendidikan juga harus tetap ada selama masa pandemi. Pemerintah terus melakukan berbagai upaya agar pendidikan di Indonesia tidak sampai lumpuh. Adapun upaya pemerintah dalam dalam pembelajaran di era pandemi ini menyarankan menggunakan pembelajaran daring atau pembelajaran berbasis jaringan.

Setiap pelajar harus bisa beradaptasi dengan teknologi baru yang telah berkembang. Hal ini digunakan agar generasi penerus tidak tertinggal dalam hal teknologi baru. Dengan begitu, teknologi dan pendidikan mampu berkembang bersama seiring dengan adanya generasi baru sebagai penerus generasi lama.

Sarana media sebagai sarana pembelajaran yang dapat digunakan oleh dosen, guru, mahasiswa/i, siswa/i yaitu WhatsApp, Telegram, Video converence seperti Zoom, Google Meet dan lain-lain. Media seperti ini sangat cocok digunakan dalam pembelajaran daring dimasa pandemi. Kegiatan pembelajaran seperti ini dapat membuat proses pembelajaran tetap berjalan.

Pembelajaran tetap bisa dilakukan meskipun hanya lewat media teknologi, dosen dengan mahasiswa/i, guru dengan siswa/i tetap bisa berkomunikasi mengenai proses pembelajaran mulai dari membuat forum diskusi, melakukan obrolan dengan pengajar atau teman, melakukan konsultasi atau mengerjakan tugas secara online.

Pentingnya media teknologi di masa pandemi ini khususnya dalam proses pembelajaran, karena apabila tidak ada pembelajaran daring kemungkinan besar para penerus bangsa ini akan mengalami kemelorotan dalam dunia pendidikan, sehingga pada masa pandemi ini proses pembelajaran diharapkan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Oleh: Nur Aisyah, mahasiswi PGSD 3B STKIP Muhammadiyah Kuningan. 

Baca Juga:  Main TikTok Karena Gabut, Murid Jadi Kena Mental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *