Opini  

Pentingnya Guru Bersikap Adil

Kuninganglobal.com — Ketika kita akan menjadi seorang pendidik alangkah baiknya kita harus merealisasikan makna dari kata Adil itu sendiri.Mungkin sebagian orang sudah mengetahhui apa makna dari kata adil. Namun, maksud adil disini adalah menyamaratakan siswa dengan siswa lainnya, seorang guru tidak boleh membedakan agama, gender dan lain sebagainya dalam melakukan proses pembelajaran.

Permasalahan yang sering terjadi dibeberapa sekolah masih ada seorang guru yang membeda-bedakan siswa dengan siswa lainnya.Guru cenderung lebih mengedepankan siswa yang berprestasi dan mengabaikan siswa yang kurang berprestasi.Maka tidak heran jika sering terjadi kecemburuan sosial karena ketidak profesionalan guru dalam mengajar.

Selain itu, banyak siswa yang tertinggal karena kurangya perhatian dari guru itu sendiri. Seharusnya kita sebagai seorang guru harus lebih mengedepankan siswa-siswa yang kurang berprestasi agar siswa tersebut dapat menyusul keterlambatannya dalam pembelajaran. Selanjutnya Sebagai seorang guru punya kewajiban dalam menyampaikan pembelajaran, mendidik, membangun karakter.

Jika seorang guru karakternya tidak baik lantas bagaimana dengan peserta didiknya?. Oleh sebab itu guru dituntut bersikap adil dan sabar dalam segala hal termasuk dalam pemberian hukuman, misalnya kepada siswa yang berkelahi, yang sering bolos dan sebagainya. Seorang guru tidak berhak menjatuhkan hukuman seenaknya kepada siswa , melainkan memberikan hukuman sewajarnya kepada siswa yang bermasalah tersebut.

Tidak hanya dalam proses pembelajaran saja, namun dalam evaluasi pembelajaranpun masih ada seorang guru yang memberikan nilai plus kepada siswa, karena siswa tersebut goodlooking. Lalu apa peran evaluasi pembelajaran? jika dalam pemberian nilai saja sudah pilih kasih. Seharusnya kita sebagai seorang guru harus benar-benar real dalam mengevaluasi pembelajaran peserta didik, tidak boleh mencampuradukan dengan kepentingan pribadi.Karena hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan pesertadidik dan merugikan peserta didik.

Baca Juga:  Edukasi Kids Zaman Now Tanpa Batas

Nah, Adapun peran evaluasi pembelajaran itu sendiri yakni untuk mengetahui sampai mana tahapan-tahapan perkembangan peserta didik, apakah mengalami kemajuan atau mengalami penurunan. Selanjutnya peran kita sebagai seorang pendidik harus bisa mengevaluasi apa yang menjadi hambatan siswa dalam proses pembelajarannya.

Penulis: Silvi Nurhalifah, mahasiswi Prodi PGSD semester 3C STKIP Muhammadiyah Kuningan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *