Opini  

Penggunaan Gadget Bagi Siswa SD, Menguntungkan Atau Merugikan? Ini Jawabannya

Kuninganglobal.com Tidak dipungkiri perkembangan zaman semakin maju, perkembangan IPTEK semakin pesat, semuanya serba canggih. Mulai dari anak-anak, orang dewasa bahkan lanjut usia sudah mengenal gadget. Fenomena yang sudah tidak asing lagi untuk kita lihat dan dengar, lantas bagaimana penggunaan gadget bagi siswa SD, menguntungkan atau merugikan?

Anak SD pada zaman dahulu dengan anak SD pada zaman now tentunya sangat berbeda, anak SD pada zaman duhulu belum mengenal gadget, mereka pergi ke sekolah, belajar mendapatkan pengetahuan dari guru saja dan dari buku-buku pelajaran yang ada. Pulang dari sekolah mereka menghabiskan waktunya untuk bermain bersama teman-teman dan keluarga.

Sedangkan anak SD pada zaman sekarang mereka bisa mendapatkan pengetahuan bukan hanya dari guru dan buku-buku pelajaran yang ada saja, mereka bisa memanfaatkan gadget yang mereka punya untuk mencari informasi atau pengetahuan yang mereka ingin ketahui secara luas.

Penggunaan gadget bagi siswa SD bisa menguntungkan dan juga bisa merugikan tergantung individu tersebut dapat memanfaatkannya dengan baik atau tidak, jika gadget digunakan untuk hal-hal yang positif, itu sangat menguntungkan contohnya digunakan untuk belajar, mencari infomasi atau pengetahuan yang mereka belum pahami, itu sangat membantu sekali, ditambah kurikulum yang digunakan disekolah pada saat ini adalah kurikulum 2013 dimana guru itu hanya sebagai fasilitator, peserta didik mencari pengetahuannya sendiri tetapi tetap dibimbing oleh gurunya.

Nah dalam mencari pengetahuannya sendiri bisa memanfaaatkan gadget, lain halnya dengan zaman dahulu guru yang menjelaskan panjang lebar didepan kelas, para peserta didik hanya mendengarkan saja. Selain itu juga jika kita lihat pada situasi dan kondisi sekarang diera pandemic yang menyebabkan pembelajaran dilakukan secara daring, gadget ini sangat membantu para pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Baca Juga:  Faktor Penyebab Turunnya Hasil Belajar Siswa

Tetapi jika gadget digunakan untuk hal-hal yang negative tentunya akan merugikan, contohnya jika orang tua atau guru tidak bisa mengontrol penggunaan gadget pada anak, itu sangat berbahaya, bisa saja anak-anak membuka situs-situs yang tidak baik, gadget digunakan untuk bermain permainan secara berlebihan yang menyebabkan mereka malas untuk belajar dan lupa waktu, karena sudah terlau nyaman bermain dengan gadgetnya.

Selain itu juga dapat merusakan kesehatan mata, karena tertalu lama menggunakan gadget. Waktu bermain bersama teman-teman dan keluarga akan bekurang. Oleh seban itu peran orang tua dan guru dalam penggunaan gadget bagi siswa SD ini sangat penting sekali, jangan biarkan anak-anak tertalu bebas dalam menggunakan gadgetnya.

Nah guru dapat melakukan evaluasi pembelajaran, karena tentunya penggunaan gadget bagi siswa SD ini berpengaruh terhadap proses dan hasil pembelajaran. Mengecek hasil belajar peserta didiknya apakah ada kekurangan atau tidak. jika ada kekurangan, salah satunya karena penggunaan gadget yang digunakan siswa.

Lalu mencari soslusi dari kekurangan tersebut agar kedepannya peserta didik dapat mencapai hasil pembelajaran yang maksimal dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Itulah pentingnya evaluasi pembelajaran dilakukan dalam proses pembelajaran.

Penulis: Gina Faojina, mahasiswi semester 3 Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *