Opini  

Pendidikan Bela Diri Tingkatkan Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Anak

Kuninganglobal.com — Apa Itu Bela Diri?
Bela diri adalah penggunaan kekuatana dari diri sendiri ataupun lawan untuk melindungi diri sendiri dari serangan lawan. Bela diri tidak hanya berbicara hal fisik saja, namun di dalamnya terdapat aspek mental juga. Tidak peduli seberapa kuat dan gesitnya si anak, jika ia tidak memiliki mental dan pengetahuan tentang bela diri, maka si anak akan dikuasai oleh kekuatannya sendiri.

Apa Itu Pendidikan Bela Diri? Pendidikan bela diri adalah suatu kelas untuk mengajarkan murid dengan beberapa aspek sebagai berikut: Pengetahuan dasar dan umum tentang cara bertarung. Teknik penghindaran dan de-eskalasi. Pengenalan tentang hukum-hukum yang ada di dalam bela diri.

Pendidikan bela diri juga dapat diartikan, dengan bagimana cara menghadapi situasi di kehidupan nyata. Apa Saja Manfaat Bela Diri? Disini ada beberapa manfaat bela diri diantaranya: Meningkatkan kemampuan kognitif Sejalan dengan diberikannya latihan-latihan konsep bela diri, membuat anak harus berfikir cepat dalam menghadapi permasalahan yang harus segera dipecahkan serta pengambilan keputusan secara tepat dan cepat.

Meningkatkan kemampuan afektif Sejalan dengan diberikannya latihan-latihan yang mengarah pada sportivitas atau saling menghargai/menghormarti sesama teman latihan atau lawan tanding, maka akan membuat anak belajar untuk disiplin dan rendah hati, sesuai dengan filsafah bela diri.

Meningkatkan kemampuan psikomotorik
Sejalan dengan diberikannya latihan-latihan yang mengaharah ke aktivitas jasmani, sesaui dengan pembelajaran bela diri yang dinamis, menantang dan disiplin. Selain beberapa manfaat diatas, bela diri juga bisa meningkatkan rasa percaya diri pada anak, melatih ketahanan mental, melatih keuletan, melatih kewaspadaan diri, melatih kedsiplinan, dll.

Penulis: Agus Ismail, mahasiswa Prodi PGSD 3C STKIP Muhammadiyah Kuningan

Baca Juga:  Beban Sekolah Daring Mempengaruhi Psikologis Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *