Opini  

Pemanfaatan Media Pembelajaran Melalui Games

Kuninganglobal.com — Pendidikan merupakan sebuah hal yang berhak didapatkan oleh setiap manusia. Manusia diberikan kesempatan agar dapat mengembangkan potensi yang miliki agar menciptakan seseorang berkualitas dan berkarakter, sehingga memiliki pandangan yang luas kedepan untuk mencapai suatu cita-cita yang di harapkan dan mampu beradaptasi secara cepat dan tepat di dalam berbagai lingkungan.

Agar tercapai nya sebuah pendidikan, perlu dilaksanakan kegiatan pembelajaran. Nah pembelajaran itu merupakan suatu kegiatan interaksi antara pendidik dengan peserta didik.

Saat Pandemi Covid-19 melanda negeri ini, proses pembelajaran di dunia Pendidikan Indonesia mengalami masalahan yang cukup genting. Juga memberikan dampak kepada satuan pendidikan, peserta didik dan pendidik mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Menengah, hinggan pendidikan tinggi, dimana semua jenjang pendidikan tersebut harus melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar secara daring.

Media pembelajaran yang digunakan para guru pun cukup dominan monoton dan juga membuat para murid merasa jenuh atau bosan. Nah agar Media pembelajaran tidak monoton atau bosan, ada media pembelajaran lain seperti film, video, maupun audio.

Dengan media pembelajaran, guru dapat mudah menjelaskan materi pelajaran dengan lebih baik serta siswa pun akan lebih tertarik untuk menyimak materi pelajaran. Selain itu juga ada media  pembelajaran melalui games, dimana akan memberikan inovasi bagi guru untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai materi pembelajaran yang akan dibahas dengan cara yang lebih menarik, kreatif, serta inovatif baik melalui tatap maya yang bisa di akses dengan mudah serta melalui kegiatan tatap muka dalam rangka  Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

Dalam games yang unik dan menarik serta dapat mengembangkan daya nalar para siswa. Oleh sebab itu, dalam pelaksanaan menggunakan games yang dapat digunakan dalam tatap maya serta tatap muka. Pada kegiatan tatap maya, guru bisa membuat games menggunakan quizziz yang meliputi soal-soal yang berkaitan dengan materi yang telah diterangkan oleh guru dan nantinya akan di share melalui whatsapp group yang akan dikerjakan oleh siswa di rumah masing-masing.

Baca Juga:  PJJ Bukan Solusi Saat Pandemi

Dan tatap muka dengan menggunakan media seperti kartu bergambar, serta stik es krim yang nantinya akan dijawab oleh Siswa dengan baik dan dapat meningkatkan semangat serta motivasi belajar pada siswa. Hasil dari kegiatan ini adalah Siswa merasa antusias dengan pembelajaran yang tidak seperti biasanya.

Penulis: Vina Nopianti, mahasiswi Prodi PGSD semester 3A STKIP Muhammadiyah Kuningan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *