Opini  

Menumbukan Komunikasi yang Baik Dengan Siswa

Kuninganglobal.com — Komunikasi memiliki arti yaitu suatu proses dalam penyampaian dan penerimaan pesan antara dua orang atau lebih. Komunikasi dalam dunia Pendidikan sangatlah penting karena sangat diperlukan demi kelansungan suatu pembelajaran.Pembelajaran sendiri adala proses Pendidikan yang bisa memberikan sebuah  kontribusi dalam meninkatkan kualitas suatu Pendidikan.

Maka dari itu kita sebagai guru harus bisa memilah milih mana kalimat yang mudah dipahami oleh peserta didik. Dengan itu pesan akan diterima dengan baik begitu juga komunikasi didalam pembelajaran berjalan dengan baik pula.

Selain itu guru juga harus menghindari kata kata yang justru terkesan menyalahkan peserta didik, dalam keberlansungan belajar mengajar. Kita sebagai guru harus mengindari kata-kata yan dapat menyalahkan siswa, seperti jika ada salah satu siswa kita yang nakal atau susah diatur kita sebagai guru jangan langsung menkritik dan membeli label nakal pada siswa tersebut.

Tetapi kita harus mendekati anak tersebut dan pelan pelan menasehatinya. Karena nasihat adalah cara yang bijak supaya peserta didik berubah menjadi lebi baik dari sebelumnya. Dan denan nasihat ini siswa akan berfikir dan akan menjalankan atas apa yang gurunya perintahkan.

Seorang guru juga harus menciptakan suasana kelas yang menguntungkan. Bukan hanya murid saja yang harus menciptakan suasana kelas yang baik. Guru juga tentunya sangat berperan penting dalam menciptakan suasana yang baik. Kita sebagai guru tidak boleh melupakan yang Namanya 3S (salam, senyum, sapa).

Karena dengan 3S tersebut, siswa akan berfikir bahwa gurunya juga selalu menerapkan 3S tersebut. Nah kita sebagai muridnya harus menerapkan 3S tersebut. Nah dengan begitu komunikasi guru dan murid berjalan dengan baik dan pembelajaran pun menjadi lebih kondusif.

Baca Juga:  Evaluasi dan Tantangan Karakter Siswa

Penulis: Nia Nurhayati, Mahasiswi Prodi PGSD semester 3C STKIP Muhammadiyah Kuningan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *