Opini  

Mengapa Pembelajaran Siswa Kurang Menarik? Ini Jawabannya

Kuninganglobal.com — Belajar merupakan suatu hal yang sangat penting. Karena dengan belajar, akan terjadinya perubahan terhadap seseorang menjadi lebih baik. Semua perubahan tersebut bisa terjadi jika proses pembelajarannya menarik dan menyenangkan. Akan tetapi, tidak semua faktor dapat mendukung terwujudnya pembelajaran yang demikian. Lantas, apa saja sih faktor yang membuat pembelajaran siswa kurang menarik?

Misalnya seperti kurangnya keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, teknik mengajar yang monoton, kurangnya hubungan baik antar sesama siswa maupun guru dengan siswa, pengelolan lingkungan belajar yang kurang baik dan sebagainya. Nah tentunya, seorang guru harus aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dalam mengajar, agar proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan tujuan dari belajarpun dapat tercapai.

Faktor-faktor untuk menunjang keberhasilan pembelajaran yang menarik yaitu seperti pengkondisian sebelum pembelajaran, dibiasakan siswa berbaris didepan kelas untuk pengecekan kerapihan pakaian dan kuku. Setelah masuk kelas, siswa dibiasakan membaca doa sebelum belajar, membaca surah pendek, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu nasional.

Ruang kelas pun diatur senyaman mungkin mulai dari kebersihan, meja dan kursi yang ditata rapih dengan tempat duduk dirolling, hasil karya yang dibuat siswa bisa dijadikan hiasan dinding, terdapat pojok baca dan sebagainya. Untuk teknik mengajar, guru harus menghindari penyampaian materi dengan teknik ceramah, karena pembelajaran akan membosankan. Dan yang paling penting adalah hubungan sosio emosional, maksudnya adanya hubungan positif antara sesama siswa maupun guru dengan siswa.

Dengan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, siswa tidak akan merasa jenuh dalam belajar, akan merasa senang, lebih bersemangat, dan termotivasi. Sehingga dapat berpotensi pada perkembangan prestasi siswa.

Penulis: Novitasari kelas 3C PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan

Baca Juga:  Kenakalan Remaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *