Opini  

Kenapa Harus Berorganisasi?

Kuninganglobal.com — Mayoritas di berbagai kampus atau bahkan hampir di setiap saat selalu ada yang Namanya organisasi. Nah yang menjadi pertanyaan, apa sih organisasi itu? Mengapa banyak orang rela menghabiskan waktu hanya untuk sebuah organisasi?.

Momentum yang paling marak biasanya dimana Ketika masuknya mahasiswa atau mahasiswi baru yang biasa disebut MABA akan banyaknya brosur-brosur di tempel bahkan berhamburan dengan bertuliskan ajakan bergabung yang dihiasi godaan-godaan manis guna mengajak mahasiswa masuk dalam ranah tersebut.

Banyaknya bendera dan warna ditambah pengalaman berorganisasi yang masih sangat minim, akan membuat bingung, apakah aku harus masuk ke salah satunya? Dan kalua aku masuk apa dampak dari organisasi tersebut?

Demikian pertanyaan-pertanyaan yang terkadang muncul di benap hati kita. Untuk berorganisasi seharusnya kita ketahui terlebih dahulu, jangan sampai asal masuk, ikut-ikut teman atau karena retorika dari senior.

Sebelum ke pembahasan inti, mari kita kenali terlebih dahulu apa sih organisasi itu? Nah, untuk organisasi itu sendiri adalah berkumpulnya dua orang atau lebih dengan satu tujuan yang sama dan terstruktur.

Apabila ada seminimalnya dua orang dengan tujuan yang jelas dan strukturnya ada maka sudah bisa di sebut dengan organisasi.

Lalu kenapa organisasi itu penting?

Berorganisasi itu sangat penting, karena dalam organisasi kita bisa menuangkan pendapat untuk didiskusikan sehingga terciptanya problem dan bagaimana mencari rumusan masalahnya demi tercapainya sebuah kesepakatan Bersama.

Selain itu didalam organisasi juga, kita diajarkan untuk menjadi seorang pemimpin yang siap memimpin dan siap di pimpin, disinilah keterbatasan kemampuan kita diasah dengan banyaknya kepala untuk saling mengisi satu sama lain.

Dan hal yang paling menarik adalah dimana kita bisa banyak mendapatkan relasi, link, kekuasaan dan pengawasan. Mengapa demikian? Karena dalam organisasi tentunya kita diamanahi jabatan yang pasti akan ada berbagai program kerja yang membuat kita harus berkomunikasi dengan para petinggi, figur-figur otoritas, dan dewan Pembina yang selalu memberikan sebuah arahan.

Baca Juga:  Menyeimbangkan Antara Kuliah, Organisasi dan Kepentingan Pribadi

Jadi, dalam berorganisasi, bisa dikatakan berdampak positif untuk pola kehidupan kita kedepannya, karena apa yang kita lakukan hari ini di organisasi dapat menjadi rujukan di kemudian hari.

Setidaknya ada 3 hal yang diterapkan dalam organisasi, yaitu senioritas, loyalitas dan solidaritas.

Hormat kepada para pendahulu, mengabdikan diri terhadap Lembaga dengan sepenuh hati, dan mengutamakan super team bukan super man yang dimana kita saling bergotong royong, bahu membahu dalam bekerja dan penyelesaian permasalahan.

Bukankan seperti itu juga yang di terapkan dalam dunia pekerjaan ? bukankah seperti itu juga yang di terapkan dalam rumah tangga?

Maka, Ketika timbul pertanyaan seberapa penting berorganisasi? Saya akan jawab sangat penting, karena didalamnya terdapat penunjang hidup kita kedepannya.

Aku, kamu, kita yang saling berbeda fikiran akan menjadi satu dalam sebuah kesepakatan untuk mencapai tujuan yang sudah digagas Bersama.

Penulis: Muhamad Nur’alim (Mahasiswa Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan, Semester 3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *