Opini  

Kenapa Evaluasi Pembelajaran itu Penting? 

Kuninganglobal.com – –  Dalam dunia pendidikan, kita sudah tidak asing lagi mendengar Evaluasi. Terutama untuk tenaga pendidik, yang pasti sudah sering sekali bergelut secara langsung dengan kegiatan Evaluasi. Di dalam dunia pendidikan kita sering mendengar Evalusi Pembelajaran, dimana tenaga pendidik di tuntut untuk melakukan Evaluasi terhadap pembelajaran yang mereka berikan kepada peserta didiknya.

Evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses untuk supaya kita mengetahui pencapaian tujuan pembelajaran yang telah kita tentukan. Tujuan evaluasi yaitu untuk mengetahui proses belajar peserta didik apakah sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah kita terapkan atau belum, kemudian mengecek hasil belajar peserta didik apakah kekurangannya dalam proses pembelajaran, dan yang terakhir yaitu solusi dari kekurangan yang peserta didik alami dan menyimpulkan apakah metode dan proses pembelajaran yang kita pakai itu cocok atau tidak untuk perserta didik, dan menilai apakah peserta didik menguasainya dalam kompetensi yang diterapkan atau tidak.

Maka dari itu kenapa evaluasi pembelajaran itu penting? Karena supaya kita sebagai tenaga pendidik itu dapat mengetahui keefektifan atau tidaknya suatu prosesn pembelajaran yang diterapkan. Karena bila seorang pendidik tidak melakukan Evaluasi, kita sebagai tenanga pendidik akan susah untuk melihat perkembangan pembelajaran yang kita terapkan, apakah cocok atau tidaknya, supaya peserta didik tidak merasa bosan dengan sistem belajar yang selalu sama. Maka dari itu kita sebagai tenaga pendidik harus pintar dan terampil menciptakan Inovasi baru untuk memperbarui sistem pembelajaran yang akan kita terapkan di dalam kelas, mulai dari materi, metode, sumber belajar, dan sistem penilaian.

Maka dari itu untuk calon tenaga pendidik dan juga tenaga pendidik yang sudah berpengalaman perlu mengadakan evaluasi pembelajaran, agar tenaga pendidik tersebut mengetahui apa saja kekurangannya dari sistem pembelajaran yang kita pakai ,dan harus mencari solusi kemudian memperbaikinya. Dengan melakukan evaluasi, evalusi yang kita lakukan akan sangat bermanfaat dan membantu dalam meningkatkan Kualitas sebagai tenaga pendidik di masa yang akan datang.

Baca Juga:  Pro Kontra Kekerasan Dalam Pendidikan

Penulis: Indri Faizal Rohman, mahasiswa Prodi PGSD 3C STKIP Muhammadiyah Kuningan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *