Opini  

Kedisiplinan Mendefinisikan Siapa Dirimu

Kuninganglobal.com — Apakah disiplin adalah hal yang sangat penting dalam hidupmu?
Perlu kita ketahui bahwa disiplin adalah salahsatu kata sifat atau karakter seseorang yang taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang ia percayai. Analoginya, disiplin adalah rasa patuh terhadap aturan, pengawasan dan pengendalian yang sudah ditetapkan.

Namun pada dasarnya tidak setiap orang dapat menjalankan kedisiplinan karena memang tidak dapat kita pungkiri bahwa disiplin adalah sikap yang baik dan bahkan berdampak besar untuk masa depan, namun sukar untuk diimplementasikan. Dalam dunia kerja disiplin adalah kunci kesuksesan.

Betapa tidak, jika seorang manajer dan kumpulan karyawan lainnya disiplin, tentu akan membawa hasil kerja yang memuaskan bukan? Bagaimana dengan dunia Pendidikan? Setiap satuan Pendidikan atau biasa kita sebut sekolah sangat mengutamakan kedisiplinan, mengingat sekolah merupakan tempat generasi penerus bangsa.

Salah satu faktor kesuksesan siswa di kemudian hari yaitu kedisiplinan. Maka tak heran jika disetiap satuan Pendidikan selalu tedapat peraturan dan tata tertib. Peserta didik harus berprilaku sesuai dengan tata tertib yang berlaku dalam satuan Pendidikan itu sendiri.

Lalu kenapa kedisiplinan dapat menjadi tolak ukur penilaian seseorang?

Seorang psikolog James Draver berkata bahwa disiplin adalah kemampuan mengendalikan prilaku yang berasal dari dalam diri seseorag sesuai dengan hal-hal yang telah diatur dari luar atau norma yang sudah ada. Dengan kata lain, disiplin dari segi psikologis merupakan prilaku seseorang yang muncul dan mampu menyesuaikan diri dengan aturan yang telah ditentukan.

Artinya bahwa disiplin adalah kesadaran diri, pengendalian diri atau menejemen diri setiap individu untuk mencapai visi individu itu sendiri.
Singkatnya kedisiplinan akan terjadi jika adanya keharmonisan antara kemampuan, akal, budi, kehendak dan perasaan yang ada dalam diri sehingga terciptanya kesesuaian dengan hal eksternal dalam diri.

Baca Juga:  Peringati Pekan Tuli Internasional dengan Kampanyekan Bahasa Isyarat

Hal eksternal dalam diri ini berupa aturan, norma atau undang-undang yang telah disepakati bersama. Dengan demikian kedisiplinan tidak akan manjadi sebuah keterpaksaan, tetapi justru kehendak setiap individu untuk menyesuaikan diri dengan aturan yang telah ditetapkan.

Satu hal yang harus kita perhatikan bahwa disiplin bukanlah untuk menyenangkan pimpinan, guru atau dosen. Disiplin juga bukanlah ajang untuk mencari perhatian atasan atau figur-figur lainnya. Tetapi disiplin adalah seni menempatkan diri, seni memerintahkan diri untuk selalu taat dan patuh pada peraturan.

Disinilah seseorang dapat diukur dengan tepat atau tidaknya seseorang menaati peraturan itu sendiri. Disinilah kedisiplinan dapat mendefinisikan siapa diri kita sebenarnya. Jika kita orang yang jujur maka disiplin akan menjadi pilihan. Karena pada hakikatnya kehendak yang baik selalu berasal dari hati kecil kita masing-masing.

Jika kita melanggar maka kita telah berbohong kepada diri kita sendiri. Dan kiranya hati kecil kita sendiri saja dibohongi, bagaimana dengan hal lainnya. Maka jadilah seseorang yang selalu disiplin terhadap kedisiplinan, minimalnya dengan kehendak hati kita sendiri, karena kedisiplinan mendefinisikan sifat kita sebenarnya.

Penulis: Muhamad Nur’alim (Mahasiswa Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan, semester 3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *