Opini  

Inilah Dampak Teknologi Bagi Siswa Saat Ini

Kuninganglobal.com – – – Sudah hampir satu setengah tahun di semester 1 tahun 2021 Pandemi covid-19 yg melanda dunia telah mengubah Sistem kehidupan Manusia di segala bidang kehidupan, termasuk dunia pendidikan. adanya berbagai kebijakan mulai dari work from home (WFH) hingga Social distancing yg mengharuskan masyarakat tetap dirumah saja dan melakukan semua aktivitas dari rumah. Kondisi tersebut menuntut lembaga pendidikan untuk melakukan Inovasi dalam proses pembelajaran.

Dengan dihapusnya Ujian Nasional, belajar di rumah menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu Secara daring, sehingga peran teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan ini. Khususnya dalam bidang Pendidikan, ditengah pandemi covid-19 para tenaga pendidik dan pelajar diharapkan dapat menyesuaikan diri dan memanfaatkan teknologi.

Pada dasarnya teknologi ini mempunyai dampak positif dan negatif, tergantung dari penggunaannya. dampak positifnya bisa digunakan saat belajar daring, bertukar informasi dan memperoleh ilmu pengetahuan lebih luas lagi yang tentunya mudah diakses. Sedangkan dampak negatifnya yaitu penyalahgunaan teknologi kepada hal-hal yang negatif Salah satunya cyber bullying yang marak terjadi terutama di media Sosial.

Tentunya ini merupakan salah satu bahan refleksi kita dan juga para pelajar untuk bisa mempergunakan teknologi sebaik-baiknya. Peran orang tua juga dibutuhkan untuk mengontrol dan memperhatikan anak, mengatur waktu anak dan reaktif terhadap segala aktifitas mereka.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuka Pikiran kita semua, untuk lebih bijak dalam penggunaan teknologi.

Oleh: Siti Nur Endah, mahasiswi PGSD 3A STKIP Muhammadiyah Kuningan 

Baca Juga:  Kenapa Evaluasi Pembelajaran itu Penting? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *