Opini  

Hilangnya Budaya Baca Peserta Didik

Kuninganglobal.com – – Zaman semakin modern, maka semakin banyak juga peningkatan teknologi di zaman modern, dengan adanya peningkatan teknologi yang semakin canggih ini ada juga faktor yang menurun yaitu budaya baca terhadap peserta didik.

Di zaman sekarang ini banyak teknologi yang serba canggih membuat peserta didik semakin malas untuk membaca, karena lebih nyaman menggunakan teknologi yang canggih ini seperti handphone, laptop, komputer, playstation atau bahkan yang lainnya.

Terlepas dari hal itu, seharusnya kemajuan teknologi yang semakin signifikan menjadi daya tambah untuk semakin menggiat lagi terhadap minat baca. Bukan sekedar pembaruan versi android, pembaruan chipset, atau bahkan sampai pembaruan versi dari game yang alangkah lebih baiknya diiringi dengan pembaruan aplikasi baca berbasis game yang ditujukan untuk anak-anak usia dini sampai anak-anak sekolah dasar.

Tujuannya jelas, yaitu untuk menambah minat membaca para anak peserta didik melalui fitur-fitur menarik yang diberikan. Tidak hanya itu, penyampaian materi dengan media yang unik pun dapat memengaruhi pada perkembangan minat baca anak.

Contohnya seperti penyampaian materi melalui media PowerPoint yang berisi animasi-animasi bergerak, tulisan-tulisan yang sangat lucu, serta gambar-gambar unik yang dapat menumbuhkan minat serta semangat dalam pembelajaran.

Sebelum pada tahap minat membaca, sudah seharusnya kita sebagai seorang pengajar atau seorang guru harus menumbuhkan terlebih dahulu minat baca dari anak didik tersebut. Oleh karena itu, kekreatifan dan keinovatifan seorang pengajar harus lebih dikembangkan serta diperbarui lagi seiring dengan berkembangnya dunia teknologi ini yang serba canggih.

Bagaimana cara seorang pendidik mengolah kemajuan serta perkembangan teknologi ini menjadi suatu cara yang signifikan untuk menambah daya tarik dan minat baca para peserta didik untuk membaca.

Baca Juga:  Menumbukan Komunikasi yang Baik Dengan Siswa

Oleh: Heti Juliyanti, mahasiswa PGSD 3A STKIP Muhammadiyah Kuningan 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *