Opini  

Bukan Karena Emansipasi, Tapi Karena Perempuan Memiliki Kredibilitas

 

Walapatra.com – Ai Sitihodijah, mahasiswi yang baru menginjak semester 3 (tiga) program studi PGSD di STKIP Muhammadiyah Kuningan, mengucapkan selamat atas dilantiknya Laras Suristiawati sebagai ketua umum himpunan mahasiswa (HIMA) PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan periode 2020 – 2021, Sabtu (19/9/2020)

Dirinya mengapresiasi, bahwa perempuan juga bisa memimpin. Karena itu merupakan bentuk emansipasi, yang mana kata itu sebuah istilah yang berarti persamaan hak dalam berbagai kehidupan masyarakat, seperti persamaan hak antara perempuan dan laki-laki.

Bahkan, pahlawan yang bernama Raden Ajeng Kartini merupakan sosok pahlawan nasional dan pelopor kebangkitan perempuan Indonesia. Berkat jasa beliau, diera globalisasi ini peran wanita bukanlah suatu hal yang tabu untuk melakukan aktifitas diluar perkiraan wanita, bahkan berkat adanya emansipasi, perempuan pun berhak dan boleh menjadi seorang pemimpin.

Bahkan presiden Indonesia ke-lima merupakan seorang perempuan yaitu yang kita kenal dengan nama Megawati Soekarnoputri. Selain itu di HIMA PGSD pun untuk kedua kalinya mempunyai pemimpin seorang perempuan.

Bahkan sebelum terpilihnya menjadi ketua HIMA PGSD, Laras Suristiawati (mahasiswi semester 5) saat menjadi narasumber di Podcast suatu organisasi dengan judul EMANSIPASI, di podcast itu ia mengatakan “wanita bisa lebih dari lelaki dan menganalogikan dengan Ibu Rumah Tangga (IRT) yang bisa memanage waktu semaksimal mungkin yang itu belum tentu bisa dilakukan oleh lelaki”.

Salah satu puteri Indonesia mengatakan “perempuan masa kini adalah perempuan yang mempunyai kredibilitas dan integritas dalam hal apa pun yang mereka lakukan, dan menyebarkan kebaikan untuk orang-orang disekitarnya,” jelas Ai gadis asal Ciherang, dengan hobinya membaca dan menulis. [gun]

Baca Juga:  Modifikasi Test Tingkatkan Hasil Evaluasi Pembelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *