Opini  

Belajar Daring Tetap Menyenangkan? Ini Tipsnya!

Kuninganglobal.com — Sejak virus Covid-19 menyebar di berbagai negara, pemerintah menetapkan aturan social distancing. Hal ini menyebabkan seluruh kegiatan manusia seperti belajar mengajar dilakukan dari rumah. Namun belajar dirumah ini seringkali menciptakan suasana yang membosankan bagi anak, sebab ia hanya belajar sendiri dengan handphone atau laptop.

Lantas bagaimana agar suasana belajar anak menyenangkan dan tidak membosankan? Simak tips dibawah ini yaa!

1. Membuat jadwal belajar
Agar anak disiplin dalam belajar yaitu dengan membuat jadwal belajar. Tanpa jadwal yang jelas anak bisa lalai dalam mengerjakan tugas. Pastikan jadwal tidak terlalu padat agar anak tidak cepat lelah dan bosan.

2. Siapkan ruang atau tempat belajar yang nyaman
Dengan menyediakan tempat khusus anak belajar, ia akan belajar dengan nyaman. Hal ini juga mencegah adanya gangguan dari sekitar, sehingga membuat anak tetap fokus terhadap pembelajaran. Pastikan tempat belajar selalu dalam keadaan rapih dan bersih.

3. Dampingi oleh orang tua
Sama halnya di sekolah, dirumah pun anak tetap harus didampingi. Orang tua lah sebagai pendamping belajar dirumah. Agar ketika anak kesulitan dalam tugasnya, ia bisa bertanya ke orang tuanya. Dengan begitu anak akan semangat dalam belajar.

4. Istirahat
Tak hanya di sekolah, dirumah pun anak harus memiliki waktu istirahat. Tujuannya supaya anak tidak jenuh dan bosan bila harus terus-terusan belajar tanpa jeda. Waktu istirahat anak ini gunakanlah untuk bermain atau makan.

5. Makan dan tidur nyenyak
Hal terpenting agar kegiatan belajar tetap menyenangkan adalah makan dan tidur dengan nyenyak. Pastikan anak selalu mengkonsumsi makanan sehat dan tidur yang cukup selama 7-8 jam.

Penulis: Nia Melani, mahasiswi Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan, semester 3B

Baca Juga:  Hasil Belajar Tak Pasti Akibat Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *