News  

Lembaga Kurikulum STKIP Mediasi Dosen Melalui Workshop Peningkatan Implementasi MBKM

Kuninganglobal.com — Lembaga Pengembangan Kurikulum (LPK) MBKM STKIP Muhammadiyah Kuningan tingkatkan pemahaman masing-masing Prodi melalui kegiatan Workshop Peningkatan Pemahaman Kebijakan dan Implementasi MBKM Institusional Support System (ISS) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2022, di Ruang Semart Class, lantai 3 kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan, Selasa (15/11/2022).

Dalam forum ilmiah kali ini LPK menghadirkan narasumber Dr. Laksmi Dewi, M.Pd, beliau merupakan tim pengembang kurikulum di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Acara dibuka oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Nunu Nurfirdaus, M.Pd, didampingi Ketua LPK MBKM, Atang Sutisna, M.Pd. Peserta workshop meruapakan para Kaprodi dan perwakilan dosen.

“Semangat MBKM itu penting dipahami oleh dosen, karena implementasi MBKM lebih kepada mahasiswa banyak belajar diluar kampus, dan itu memberikan feedback positif bagi tuntutan mahasiswa di masyarakat,” ugkap Laksmi.

“Keberhasilan MBKM harus ada kolaborasi Prodi dengan pihak luar. “Prodi harus ‘cingceng’ kalau tidak nanti bisa ketinggalan. Prodi harus memberikan kontrol kepada mahasiswa dalam keterlibatan program MBKM. kemudian, Prodi harus mempersiapkan mata kuliah yang dapat di ekuivalensikan dengan program MBKM. Jangan sampai mahasiswa ikut MBKM hanya karena melihat nominalnya saja, sehingga pengalamannya gak dapet,” tegasnya.

Kegiatan Workshop akan berlangsung selama 2 hari. Untuk agenda besok (16/11) terkait dengan Penyusunan Panduan dan Pedoman Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP). (gundala)

Baca Juga:  Memperingati Bahasa Ibu Internasional, Prodi Bahasa Sunda STKIP Akan Terus Lestarikan Bahasa Daerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *