News  

Inilah Kegiatan Mahasiswa Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan Dalam Asistensi Mengajar di SDN 2 Babakanmulya

Kuninganglobal.com — Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang diusung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan tertuang dalam Rencana Strategis 2020-2024. Adapun tujuan dari MBKM ini yaitu untuk mendorong mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dengan berbagai kompetensi tambahan di luar program studi dan atau di luar kampusnya. Banyak program dalam MBKM ini salah satunya adalah asistensi mengajar. Asistensi mengajar di satuan pendidikan adalah bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa secara kolaboratif di bawah bimbingan guru dan dosen pembimbing di satuan pendidikan formal.

Program MBKM asistensi mengajar dilaksanakan juga oleh program studi PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan. Dimana para mahasiswa disebar ke beberapa SD yang ada di Kabupaten Kuningan, salah satunya yaitu di SDN 2 Babakanmulya Kecamatan Cigugur. Terdapat 7 mahasiswa yang melaksanakan asistensi mengajar di SDN 2 Babakanmulya yaitu Adilah Fauziyah (PGSD 5A), Dudi Irawan (PGSD 5A), Gina Faojina (PGSD 5A), Meira Mustika (PGSD 5A), Nur Fauzan Ramdhani (PGSD 5A), Maulan Iqbal L.N (PGSD 5B) dan Miftahul Farhan (PGSD 5B) dengan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Dadang Cunandar, M.Pd serta ibu Ian Fitriliani, S.Pd selaku Guru Pamong.

Dalam kegiatan asistensi ini ada beberapa kegiatan yang sudah dijalankan diantaranya yang Pertama, dalam mengisi kegiatan setelah penilaian tengah semester mahasiswa asistensi mengajar mengadakan kegiatan setelah PTS dengan kegiatan perlombaan yaitu rangking 1, lomba kaligrafi, gambar bercerita, pidato, voly, gobak sodor, dan calistung. Kegiatan ini mendapatkan antusias yang sangat besar dari siswa maupun dari pihak sekolah.

“Kegiatan ini sangat membantu sekali pihak sekolah apalagi perlombaan yang diadakan ada beberapa yang biasa dilombakan di tingkat kecamatan, kegiatan ini juga bisa menjadi ajang melihat bakat peserta didik.” Tutur bapak Saleh, M.Pd selalu kepala sekolah.

Baca Juga:  Nanan Abdul Manan Raih Penghargaan Tokoh Pendidikan Inovatif dari Radar Cirebon Group

Kedua, ada juga pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dilaksanakan oleh semua siswa kelas 5. Sebelum kegiatan ANBK dilaksanakan, diadakan terlebih dahulu simulasi, yang dilaksanakan sebanyak 2 kali simulasi. Ketiga, dalam rangka memperingati hari guru nasional dan HUT PGRI ke 77 yang jatuh pada tanggal 25 November 2022 di SDN 2 Babakanmulya juga mengadakan upacara bendera dimana yang menjadi petugas upacara adalah mahasiswa dan para guru, dan yang menjadi peserta upacara adalah para peserta didik, “Momen hari guru ini harus bisa dimaknai dengan baik, guru itu bukan hanya yang mengajar kita disekolah tetapi orang tua kita dirumah, mahasiswa STKIP yang sedang melakukan asistensi mengajar juga guru yang membimbing dan memberitahu kita semua” tutur Bapak Saleh, M.Pd selaku kepala sekolah dalam amanatnya dalam upacara bendera.

Keempat, Pelaksanaan Penilaian akhir semester (PAS) merupakan salah satu betuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan mengetahui sejauh mana penyerapan pemahaman siswa mengenai pembelajaran yang telah dilaksanakan selama satu semester atau enam bulan. Penilaian akhir semester biasa dilaksanakan setiap akhir semester baik semester ganjil maupun semester genap. SDN 2 Babakanmulya merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan kegiatan penilaian akhir semester (PAS). Penilaian akhir semester 1 atau semester ganjil ini dilaksanakan mulai dari tanggal 5 Desember-10 Desember 2022.

Adapun jadwal kegiatan penilaian akhir semester ini dimana jadwal kegiatan PAS untuk kelas rendah dan tinggi pun berbeda. Jadwal untuk Hari Senin baik kelas rendah maupun tinggi sama yaitu Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PAdBP) dan Tema 1. Hari Selasa kelas rendah Tema 2 dan Bahasa Inggris sedangkan kelas tingginya Tema 2 dan Bahasa Sunda. Hari Rabu  untuk kelas rendah Tema 3 sedangkan kelas tinggi Tema 3 dan Bahasa Inggris. Hari Kamis untuk kelas rendah Tema 4 sedangkan kelas tinggi Tema 4 dan PJOK. Hari Jum’at kelas rendah Bahasa Sunda sedangkan kelas tinggi Matematika. Dan untuk Hari Sabtu kelas rendah tidak ada jadwal sedangkan kelas tinggi yaitu Tema 5.

Baca Juga:  LPPM: Gelar Sosialisasi Audit Pengelolaan Jurnal dengan Para Editor In Chief

Kegiatan penilaian akhir semester kali ini dalam segi instrumen soal berbeda dengan yang sebelumnya dimana biasanya hanya pilihan ganda dan esay, sedangkan sekarang ada pilihan ganda, Benar atau Salah, menjodohkan dan esay. “Ulangan kali ini lumayan agak berbeda bu karena bentuk soalnya tidak hanya pilihan ganda dan esay” Tutur Faisal murid kelas 6. Mahasiswa yang sedang mengikuti program MBKM asistensi mengajar di SDN 2 Babakanmulya pun ikut berperan dalam kegiatan ini dimana setiap orangnya menjadi pengawas mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.

Selain itu juga kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu seperti upacara hari santri, kegiatan suntik bias untuk kelas 1, 2 dan 5 dan juga kegiatan maulid Nabi Muhammad S.A.W, kegiatan ini dilaksanakan dalam memperingati perjalanan Nabi Muhammad S.A.W menjadi seorang rasul. Dalam acara ini diisi dengan tausiah dari salah saru mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan yaitu Ust. Mustaid. Dudi selaku ketua panitia dalam acara maulid Nabi ini menuturkan bahwa semoga dengan diperingatinya acara maulid ini ditambah adanya tausiah mengenai perjalanan Nabi Muhammad S.A.W bisa menjadi contoh dan teladan para siswa untuk mengikuti sikap dan perilaku rasul.

Selama melaksanakan kegiatan tersebut tentunya tidak lepas dari dukungan dan kerja sama dari semua pihak mulai dari kepala sekolah, jajaran guru, guru pamong, DPL, teman-teman mahasiswa dan juga para peserta didik. Kami ucapkan terimakasih, atas dukungan dan kerjasama dari semua pihak kegiatan atau program yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan sukses. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *