6 Mahasiswa STKIP yang Ikut KKN Internasional Sudah Tiba di Kampus Lagi

Kuninganglobal.com — Sebanyak 6 mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan yang mengikuti kegiatan KKN International atau di Malaysia yakni Devinra mahasiswa Prodi PTIK, Putri Shela Oktaviani dan Ade Irma Rismala mahasiswa Prodi PMTK, Fadhilah Islamia Huda mahasiswa Prodi PG PAUD, Mustaid dan Rifqi Ahmad Fauzi mahasiswa Prodi PGSD, kini telah tiba kembali di Kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan, pada Senin 21/11/2022).

Tidak hanya 6 mahasiswa dari STKIP saja, mereka tergabung dengan mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aissyiyah (PTMA) lainnya, yang ikut serta dalam Program KKN/KKN Dik Kemitraan Internasional terintegrasi dengan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Internasional Angkatan III.

“Program ini dilaksanakan mulai dari tanggal 24 Oktober s.d 21 November 2022 di sejumlah SB (Sanggar Bimbingan) di bawah koordinasi SIKL (Sekolah Indonesia Kuala Lumpur). Terselenggaranya kegiatan ini merupakan jalinan kerja sama antara ALPTK PTMA Majelis Dikti Litbang PP dengan Atdikbud RI Malaysia di Kuala Lumpur dan SIKL,” tutur Ketua LPPM, Dr. Oman Hadiana kepada kuninganglobal (22/11)

“Pelaksanaan program KKN/KKN Dik dengan PkM KI bertujuan dalam pengembangan akademik, kerjasama Internasional, kolaborasi antar mahasiswa dan dosen PTMA, dan meningkatkan daya saing STKIP Muhammadiyah Kuningan pada level Internasional.”

Rangkaian program KKN/KKN Dik Kemitraan Internasional MBKM dilakukan selama 4 bulan yang terbagi menjadi; 1 bulan pelatihan dan pembekalan, 1 bulan proses penguatan dan pemberdayaan masyarakat Internasional di lapangan secara berkesinambungan, 1 bulan analisis dan refleksi tindak lanjut, dan 1 bulan peyusunan luaran.

Program yang sudah dilaksanakan oleh mahasiswa peserta KKN KI diantaranya mengajar di setiap SB di bawah koordinasi SIKL. Adapun materi yang diajarkan diantaranya calistung, materi tentang nasionalisme seperti lagu wajib nasional, mengenal para pahlawan, hari besar nasional. Selain aktivitas mengajar mahasiswa peserta KKN KI melakukan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis digital.

Baca Juga:  Cirebon Timur Peduli Sukabumi

Luaran dari kegiatan KKN Dik KI MBKM ini diantaranya yaitu video dokumenter yang di upload di YouTube, berita seputar kegiatan KKN yang di muat di media masa atau media elektronik, dan membuat artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal terakreditasi. (gundala)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *