Disarsipus Kuningan Bekerjasama Dengan Duta Baca Kuningan Gelar Pemilihan Duta Baca Anak dan Pelajar

Duta Baca AnakWalapatra.com – Pada hari Selasa (13/10) s.d hari Kamis (15/10), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Kuningan yang bekerjasama dengan Paguyuban Duta Baca Kab. Kuningan menyelenggarakan Pemilihan Duta Baca Anak dan Pelajar tingkat Kab. Kuningan tahun 2020.

Sebelumnya ke pemilihan para peserta sudah melalui dua tahap yaitu tahap seleksi administrasi dan tahap presentasi program. Antusias dari peserta yang mengikuti pemilihn duta baca anak dan pelajar ini sangat luar biasa ini terbukti dengan jumlah pendaftar untuk Duta Baca Anak (SD) Sebanyak 36 siswa, sedangkan untuk Duta Baca Pelajar jenjang SMP sebanyak 26 siswa, dan SMA sebanyak 29 siswa.

Setelah melalui tahap seleksi administrasi peserta yang masuk babak ke dua yaitu berjumlah untuk Duta Baca Anak 20 Siswa terdiri dari 10 putra dan 10 Putri, untuk Duta Baca pelajar SMP 18 siswa terdiri dari 9 putra dan 9 putri, serta SMA 16 Siswa terdiri dari 8 putra dan 8 Putri.

Ketua Paguyuban Duta Baca Kab. Kuningan Imam Muh. Agung Fauzy menyampaikan “Kegiatan ini merupakan inovasi literasi yang dilaksanakan melalui kolaborasi antara Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Kuningan dengan Paguyuban Duta Baca Kuningan dalam rangka mencari figur dikalangan siswa untuk meningkatkan minat budaya baca demi mewujudkan Program Kuningan Bercahaya (Belajar dan Membaca Sepanjang Hayat).” ujar Imam

“Alhamdulillah walaupun ditengah situasi penuh keprihatinan karena adanya pandemi covid-19, tidak menyurutkan semangat kami, untuk terus berliterasi, walaupun Kegiatan ini dilakukan melalui proses tatap muka tapi kami tetap melaksanakan dengan protokol kesehatan, bahkan bagi peserta yang tidak bisa hadir secara tatap muka kami sediakan layanan penilaian melalui virtual.” lanjut Imam

Duta Baca Pelajar
Salah Satu Peserta yang sedang mengikuti Seleksi

Sementara itu Kabid Perpustakaan Drs. Maman Rohmana, M. Si melalui Kasie Layanan Perpustakaan H. Aep Saepuloh SE., MM menyampaikan program ini merupakan inovasi baru dalam rangka meningkatkan minat budaya kegemaran membaca di kalangan pelajar guna mendukung terwujudnya Kuningan Bercahaya (Berlajar dan Membaca Sepanjang Hayat).

Baca Juga:  Seminar Bulanan "Mencegah Kekerasan Terhadap Anak"

“Ini Merupakan sebuah inovasi Program Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Kuningan khususnya Bidang perpustakaan yang bekerjasama dengan Paguyuban Duta Baca Kuningan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan Budaya kegemaran membaca dikalangan siswa agar terwujudnya Kuningan Bercahaya (Belajar dan Membaca Sepanjang Hayat). Hal ini pula tertuang dalam Tema Kegiatan “Aksi Literasi, Wujudkan Kuningan BERCAHAYA. ” ucap H. Aef Saepuloh, SE

Dalam Sambutannya beliau menyampaikan “Ini adalah inovasi program yang sangat luar biasa dalam rangka meningkatkan literasi Di Kab. Kuningan, karena duta baca adalah sosok atau figur yang dapat menggambarkan seseorang yang punya minat literasi yang baik, sehingga dapat memotivasi orang lain minimal teman sebayanya, dengan demikian harapannya Program Kuningan Bercahaya (Belajar dan Membaca Sepanjang Hayat) dapat terwujud dan indeks literasi di Kab. Kuningan bisa meningkat.” ucapnyaKegiatan tersebut dibuka langsung secara resmi oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Kuningan Indra Purwantoro, S. AP, Mantan Kasatpol PP ini yang belum lama menjabat di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Kuningan.

Walaupun Beliau belum lama menjabat sebagai Kepala Disarsipus, namun semangat dalam rangka meningkatkan literasi di Kab. Kuningan sudah mulai membara hal ini di buktikan dengan pernyataan bahwa Paguyuban Duta Baca Kuningan adalah mitra strategis dalam mendukung upaya peningkatan literasi di kab. Kuningan

“Saya sangat mengapresiasi kepada Paguyuban Duta Baca Kuningan, sebagai mitra strategis Disarsipus dalam rangka meningkatkan minat budaya baca dan literasi di Kab. Kuningan, apa yang telah dijalin dengan Kepala Dinas terdahulu kita lanjutkan bila perlu kita tingkatkan.” Imbuh mantan Kasatpol PP itu. (ccp)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *