Lembaga AIK STKIPMKu, Siapkan Mahasiswa/i sebagai Pementor Al-Qur’an Berkualitas

Kuninganglobal.comSTKIP Muhammadiyah Kuningan melalui Lembaga Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) menyiapkan Pementor Al-Qur’an Berkualitas dari mahasiswa/i dengan tahap penyeleksian yang bertempat di Masjid Jami’ Nuroh Binti Al-Mudafi’i, Kamis (03/08/2023).

Pertemuan ini dihadiri oleh penguji yaitu Agung Saputra, S.Pd. (Penguji I) dan Enok Siti Apipah, S.Pd. (Penguji II), serta diikuti oleh 80 Calon Pementor Al-Qur’an mulai dari semester III, V, dan VII. Calon tersebut terdiri atas kategori Placement Test, Pendaftar, dan ada kategori rekomendasi melalui penguji yang telah melihat kemampuan mahasiswa/i dari hasil Tes BTQ.

Teknis pelaksanaan sekarang (03/08/2023), Calon Pementor kategori pendaftar baru akan dilakukan penyeleksian pembacaan Al-Qur’an dan Hukum Tajwid. Bagi Calon Pementor kategori rekomendasi dari penguji BTQ, tidak mengikuti penyeleksian kembali. Namun, ada pembahasan mengenai kesiapan bergabung sebagai bagian dari Calon Pementor Al-Qur’an.

Diadakannya kegiatan ini tentu akan menghasilkan kesepakatan yang lolos menjadi Pementor. Calon Pementor yang diharapkan yaitu 45 orang dengan perhitungan semester III ada 20, semester V dan VII ada 25.

Ranah pengetesan pementor ada 3, pertama; melalui Tes BTQ di Semester IV akhir, kedua; mendaftar melalui formulir hari ini (03/08/2023), ketiga; Placement Test yang diberlakukan untuk semester III. Hal ini merupakan langkah dari Lembaga AIK dalam menyaring Pementor Al-Qur’an.

“Mudah-mudahan Calon Pementor dapat mengikuti dan bersedia ketika nanti teman-teman terpilih menjadi Pementor. Tentunya ini sebagai salah satu upaya untuk memberantas buta baca Al-Qur’an dan membentuk karakter Qur’ani dikalangan mahasiswa. Dari kegiatan ini kita harapkan akan menumbuhkan semangat mencintai, membaca dan memahami Al-Qur’an dikalangan Kampus. Selain itu, Nilai positif yang didapat oleh Pementor yaitu pengalaman, ilmu baru dan tentunya keluarga dan teman baru,” tutur Agung Saputra.

Baca Juga:  Pembukaan Mentoring Al-Qur’an dan Kalam Kahpi, Siap Lahirkan Generasi Qur’ani!

Dalam tiga hari kedepan, Lembaga AIK akan melihat calon-calon Pementor apakah sudah sesuai dengan kebutuhan yaitu 45 orang atau kurang. Dengan adanya proses penyaringan, apabila sudah ditetapkan menjadi Pementor. Maka, Calon Pementor akan ada kegiatan Pembinaan Pementor yang dilaksanakan pada tanggal 25-27 Agustus 2023 sebagai persiapan untuk memulai Mentoring Al-Qur’an dalam membenahi dan membantu mahasiswa/i STKIP Muhammadiyah Kuningan perihal tata cara membaca Al-Qur’an. (Deliya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *