LAIK Sukses Laksanakan BTQ Tahap 2 dan Tahap 5 untuk Mahasiswa/i STKIPM Kuningan

Kuninganglobal.com Lembaga Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LAIK) STKIP Muhammadiyah Kuningan sukses laksanakan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) tahap 2 dan tahap 5 untuk mahasiswa/i dari Rabu, (31/01/2024) dan di akhiri hari ini Jumat, (02/02/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Jami’ Nuroh Binti Sholih Al-Mudafi’i kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan yang diikuti oleh mahasiswa/i semester V dari setiap Program Studi yaitu PGSD, PBSD, PTIK, PJKR, PGPAUD, PMTK.

Adapun pengujian BTQ tahap 2 dan tahap 5 sama dengan halnya BTQ tahap 1 seperti membaca Ayat Suci Al-Qur’an, Tajwid, Menulis Ayat Suci Al-Qur’an, dan tes hafalan Surat An-Naba.

Pada pelaksanaan tes kali ini mahasiswa dibagi menjadi 11 kelompok yaitu campuran dari enam program studi dengan dihadiri oleh penguji yang telah diberikan amanah.

Asep Usamah, M.Pd.I., selaku Ketua Lembaga Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LAIK) STKIP Muhammadiyah Kuningan menyampaikan, “Harapan saya dari pelaksanaan BTQ tahap 2 untuk semester VI dan tahap 5 untuk semester VIII yaitu semuanya bisa mengikuti dengan baik dan mendapat nilai yg memuaskan. Dilaksanakannya BTQ tahap 2 sebagai prasyarat pendaftaran KKN bagi semester VI dan menjadi prasyarat mengikuti Seminar Proposal bagi semester VIII,” tegasnya.

“Melalui kegiatan ini mahasiswa harus sudah mulai memperhatikan kelulusan BTQ, karena sertifikat BTQ ini terintegrasi dengan program KKN yg dilaksanakan oleh LPPM dan Seminar Proposal yg dilaksanakan oleh Program Studi masing-masing,” tambah Asep.

Pengujian Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman serta kecakapan mahasiswa/i STKIP Muhammadiyah Kuningan dalam membaca dan menulis huruf Al-Qur’an. Begitupun setelah dilaksanakan pengujian BTQ, mahasiswa/i dapat meningkatkan kembali dalam mempelajari dan memahami Al-Qur’an serta makna yang terkandung didalamnya sehingga akan menjadi landasan moral, etika bahkan spiritual yang kokoh. (Deliya)

Baca Juga:  Refresh AIK Dosen dan Karyawan, Siap Ciptakan UM Kuningan Unggul dan Berkemajuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *