Pengalaman Berharga Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan Melaksanakan Magang Dasar di Sekolah Berprestasi (SDN 1 Citangtu Kuningan)

Magang

Kuninganglobal.com — Mahasiswa Program Studi PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan Semester 2 melaksanakan Magang Dasar di SDN 1 Citangtu Kecamatan Kuningan, Magang Dasar adalah Program wajib bagi mahasiswa dalam rangka peningkatan pemahaman, wawasan dan pengalaman lapangan mahasiswa.

Bertempatan di kelas 4 SDN 1 Citangtu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Atang Sutisna, M.Pd menyerahkan mahasiswa untuk melaksanakan Magang Dasar selama 2 pekan mulai dari tanggal 23 januari hingga 4 februari 2023.

Alasan mengapa SDN I Citangtu dipilih menjadi tempat praktik yaitu Sekolah tersebut merupakan sekolah berprestasi, diantaranyab yaitu tahun 2020-2021 juara 1 maca sajak, juara 1 biantara, juara 1 pupuh, tingkat kecamatan, juara 2 biantara, juara 2 pupuh, tingkat Kabupaten, tahun 2021-2022 juara 1 maca sajak putra dan putri, juara 3 pupuh, tingkat kecamatan, juara harapan 2 maca sajak tingkat kabupaten, tahun 2022-2023 Juara 1 Osn Matematika, Juara 1 Osn IPA, Juara 2 Osn IPA, Tingkat Gugus, juara 3 biantara, juara 3 dongeng, juara 2 pupuh, juara 3 maca sajak, tingkat Kecamatan, selain itu juga ada beberapa alasan lain yang bersifat analisis kajian penentuan lokasi praktik Magang.

Aktivitas Magang Dasar yang dilaksanakan mahasiswa yaitu melakukan kegiatan pengamatan atau observasi, diantaranya berkaitan dengan kultur sekolah, Struktur organisasi sekolah, visi dan misi sekolah,tata tertib sekolah, kegiatan ceremony, kurikuler dan ekstrakurikuler, kegiatan positif di sekolah dan proses pembelajaran.

Selama ini, pelaksanaan Magang Dasar di SDN 1 Citangtu dilaksanakan dengan baik dan lancar dikarenakan guru guru yang ada di SDN 1 Citangtu ikut berpartisipasi dalam memberikan fasilitas untuk mempermudah kegiatan mahasiswa berobservasi begitu juga dengan mahasiswa yang membantu guru guru dalam proses pembelajaran.

Sembilan (9) Mahasiswa/I PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan yang melaksanakan kegiatan Magang Dasar di SDN 1 Citangtu yaitu Aryadi Dwi N.R, M.Ilham.F, Ayu Masitoh, Diah Dita Sari, Dinda Dianisa, Imas Stiawati, Ovi Julianti, Ririn Rosikhul I, Riska Ayu Rahmatika.

Baca Juga:  Coaching Clinic Swimming bersama Wasit Renang Level Internasional

Banyak pengalaman yang kami dapat ketika Berada di SDN 1 Citangtu misalnya bertemu dengan anak anak yang lucu, Kreatif dan inovatif membuat kami bahagia, banyak agenda kegiatan yang kami lakukan dengan bantuan guru guru yang senantiasa membantu kami dalam melakukan observasi, walaupun diwaktu yang kurang relevan.

Terima kasih untuk kepala sekolah Ibu Ratinah, S.Pd. dan dewan guru yang telah membantu kami selama Magang Dasar, terima kasih pula untuk Dosen Pembimbing Lapangan yang senantiasa telah membimbing kami dalam melaksanakan Magang tersebut.

Semoga pengalaman yang kami peroleh selama Magang Dasar dapat bermanfaat untuk kami semua dalam melaksanakan perkuliahan pada semester selanjut serta pengalaman baiknya dapat kami aplikasikan kelak saat menjadi guru. Salam semangat dari kelompok Magang Dasar SDN 1 Citangtu Kuningan.

Sumber: Atang Sutisna, M.Pd dan Aryadi Mahasiswa Aktif Semester 2 Prodi PGSD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *