Penutupan Kalam Kahpi dan Mentoring Al-Qur’an: 2 Mahasiswa Duet Lantunan Ayat Suci Al-Qur’an

Kuninganglobal.com Lembaga Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LAIK) telah melaksanakan penutupan kegiatan Kalam Kahpi dan Mentoring Al-Qur’an semester III dan V pada hari Sabtu, (06/01/2024) di Masjid Jami Nuroh Al-Mudafi STKIP Muhammadiyah Kuningan. Kegiatan ini sebelumnya diadakan selama empat pertemuan.

Begitupun pada hari Minggu yang lalu tepatnya 17 Desember 2023 merupakan pertemuan terakhir kalam kahpi untuk semester III. Dan hari Minggu, (07/01/2024) menjadi hari terakhir kalam kahpi semester V. Serta pertemuan terakhir mentoring Al-Qur’an ditutup dengan kegiatan mentoring akbar pada hari Jum’at, 15 Desember 2023.

Kegiatan ini pun dihadiri oleh pendamping pembina LAIK, Mustaid, para pementor, dan juga mahasiswa/i semester V yang mengikuti kalam kahpi.

Pada saat sambutan penutupan Kalam Kahpi dan Mentoring Al-Qur’an, ketua Lembaga Al-Islam dan Kemuhammadiyaham, Asep Usamah, M.Pd.I menyampaikan, “saya apresiasi untuk dua mahasiswa yang duet dalam pelantunan Ayat Suci Al-Qur’an. Alhamdulillah selama 4 kali pertemuan kalam kahpi untuk semester III dan juga semester V bisa istiqamah dan konsisten. Sebagai umat islam kita tidak boleh merasakan takut dalam melakukan kebaikan karena hadiahnya adalah surga,” tegasnya.

Penutupan kalam kahpi dan Mentoring Al-Qur’an pada semester V, Sabtu (06/01/2024) menghadirkan dua mahasiswa yang melantunkan Ayat Suci Al-Qur’an Surat Al-Isra ayat 13-14 secara duet yaitu Muhamad Nur’alim prodi PGSD semester VC dan Izzatun Nawawi prodi PGSD semester IB.

“Hari ini teman-teman sudah selesai kalam kahpi, maka yang harus dipersiapkan ditahap selanjutnya adalah praktek ibadah dan di semester VI menuju VII akan dipertemukan dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Melalui kalam kahpi ini dapat menjadi batu loncatan untuk mempersiapkan mahasiswa/i terjun ke dunia kemasyarakatan,” tambah Asep.

Baca Juga:  Historie: Muhammad Bin Abdullah Sebagai Pemimpin Ummat dan Bangsa

Lembaga Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LAIK) STKIP Muhammadiyah Kuningan pun akan mempersiapkan kegiatan Mentoring Al-Qur’an untuk semester III dan kalam kahpi semester V selanjutnya.

Pendamping Ketua LAIK, Mustaid mengatakan, “terima kasih kepada mahasiswa/i yang begitu totalitas dan loyalitas dalam mengikuti kalam kahpi selama empat pertemuan ini,” ucapnya.

Informasi terkait mahasiswa/i semester V yang belum melaksanakan BTQ untuk segera menyelesaikannya sebelum memasuki semester VI menuju VII. Hal ini, karena pada semester VII sudah  pelaksanaan kegiatan KKN yang di mana sebelum pendaftaran harus terdapat bukti telah mengikuti tes BTQ. Maka dapat mengikuti pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Bahkan dalam waktu dekat pun semester enam akan ada Praktik Ibadan (PI) dengan tarji Muhammadiyah.

“Terkait kalam kahpi jika terdapat mahasiswa/i yang belum menuntaskan empat pertemuan, maka tidak akan bisa mengganti karena kalam kahpi sudah selesai,” tambah Mustaid. (Deliya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *