Sella, Seorang Siswi Tuli Berprestasi dalam Bidang Tata Rias

Terlahir dengan memiliki kekurangan bukanlah sebuah keinginan, bukan pula alasan untuk berputus asa. Semua itu rencana dari Tuhan, dibalik semua itu ada hikmahnya. Kalau kita bersabar, berdo’a dan selalu berusaha Dia akan menunjukkan Kuasa-Nya kepada kita.

Sella Afiamita seorang siswi Tuli telah membuktikan semuanya. Dia tumbuh dengan kekurangan pada pendengaran. Gadis yang saat ini beranjak umur 19 tahun itu berasal dari keluarga yang kurang mampu. Ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Sedangkan ayahnya berprofesi sebagai buruh bangunan.

“Keluarganya dari kalangan ekonomi menengah ke bawah. Dan dia juga banyak tunggakan SPP sekolah”. Kata Bu Aish selaku Wali Kelas Sella.

Walau terlahir dalam keadaan tidak bisa mendengar, Sella tetap membuktikan kepada dunia bahwa dia juga bisa. Dia berhasil meraih prestasi di bidang seni tata rias. Awal mula mengenal dunia tata rias, yaitu saat dia mengikuti pelatihan kelas merias di bangku sekolah menengah pertama luar biasa. Dari program ini, Sella mulai tertarik dan menekuni seni tata rias.

Juara

Tepat tahun 2018 sekolah luar biasa Harmoni Gemurung Sidoarjo mulai mengikutkan Sella untuk mengikuti lomba rias se-Kabupaten Sidoarjo. Dalam kompetisi ini Sella berhasil merebut juara satu dan menjadi awal keberhasilannya.

Menyandang predikat juara se-Kabupaten Sella ditunjuk menjadi perwakilan Kabupaten Sidoarjo untuk mengikuti lomba antar Provinsi. Mengambil konsep icon Kota Sidoarjo dan tarian daerah kota peserta, Sella berhasil menyandang Juara harapan III.

Tahun berikutnya, Sella kembali menampilkan karyanya di lomba se-Kabupaten Sidoarjo dan kembali menyanding juara pertama. Sella kembali menjadi perwakilan Kota Sidoarjo untuk mengikuti perlombaan antar Provinsi. Namun, di tahun itu Sella belum bisa mempertahankan posisi juara yang pernah dia raih.

Baca Juga:  Diskusi ICMI, Akselerasi Menuju Kabupaten Pendidikan Butuh Langkah Konkrit

Kegagalan pada tahun 2019 menjadi pukulan sendiri bagi Sella. Untuk menjaga semangat dan rasa percaya diri, pihak SLB Harmoni terus memberikan dorongan dan pelatihan kepadanya. Tahun 2020 bertepatan tanggal 29 September hingga 02 Oktober Sella diberikan kesempatan oleh pihak kabupaten untuk kembali menajadi perwakilan di Lomba Keterampilan Siswa Nasional Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (LKSN ABK). Di perlombaan provinsi yang diadakan di kota Batu Malang, Sella berhasil merebut gelar juara I dan menjadi perwakilan Jawa Timur untuk mengikuti lomba LKSN ABK pada tahun 2021.

 

Berkat jerih payah dan tekun latihan, Sella berhasil menunjukkan kepada masyarakat bahwa dia bisa. Sejak menyandang gelar predikat juara, Sella mampu membantu perekonomian kedua orang tuanya. Dan kini, banyak masyarakat sekitar dia tinggal mulai kagum dengan kemampuannya. Tidak sedikit juga dari mereka memberikan apresiasi kepada Sella dan keluarga.

“Sejak juara, mulai banyak, mas, masyarakat minta tolong merias di acara tertentu ke Sella. Dan alhamdulillah, Sella mulai bisa membantu ekonomi keluarganya”. Pungkas Bu Ais. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *