Refresh AIK Dosen dan Karyawan, Siap Ciptakan UM Kuningan Unggul dan Berkemajuan

Kuninganglobal.comDalam mengimplementasikan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Badan Pembina Harian (BPH) bersama Lembaga AIK STKIP Muhammadiyah Kuningan mengadakan “Refresh AIK Dosen dan Karyawan” yang dilaksanakan selama 2 hari, Jumat-Sabtu (09-10/02/2024).

Acara ini mengusung tema “Penyegaran Al-Islam Kemuhammadiyahan untuk Mewujudkan UM Kuningan Unggul dan Berkemajuan”. Sejalan dengan persiapan menuju universitas, Refresh AIK ditujukan untuk seluruh dosen dan karyawan dari kedua kampus yaitu STKIP Muhammadiyah Kuningan yang akan merger bersama STIKES Muhammadiyah Kuningan.

Dalam sambutannya, ketua BPH STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dr. Muhammad Samsudin, S.Ag.,M.Pd., menyampaikan, “Refresh AIK mempunyai tujuan diantaranya mulai mengerti muhammadiyah, semakin paham untuk ber-Muhammadiyah, begitupun sebagai Islam yang menyenangkan, dan Islam yang menggembirakan,” tuturnya.

“Acara ini sekaligus menyongsong kelahiran Universitas Muhamadiyah Kuningan, tepatnya 16 Februari mendatang kita akan masuk tahap pra asessmen dan tinggal menunggu SK. Dengan menambahkan 5 prodi, semoga jumlah mahasiswa serta keberkahan terus meningkat, dakwah pun semakin bermanfaat,” tambah Samsudin.

Jumat (09/02/2024) acara dibuka langsung oleh ketua BPH STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dr. Muhammad Samsudin, S.Ag.,M.Pd., yang berlangsung di Aula Gedung Djarnawi Hadikusuma STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Refresh AIK dihadiri oleh Ketua PDA Kabupaten Kuningan, BPH STKIP Muhammadiyah Kuningan beserta jajarannya, Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Ketua STIKES Muhammadiyah Kuningan, begitupun jajaran dosen dan karyawan STKIP dan STIKES.

“Diharapkan Refresh AIK dapat diikuti dengan sebaik-baiknya. Agar kita merasakan bagaimana di dalam Muhammadiyah dan bagaimana hidup bermanfaat di Muhammadiyah, terutama kita yang berada di lingkup AUM dan di bawah naungan Muhammadiyah. Sehingga kita memiliki bekal dan mudah-mudahan tidak hanya diterapkan untuk kita, tetapi untuk anak-anak kita,” pungkas Dadan.

Begitupun Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dr. Nanan Abdul Manan, M.Pd., menyampaikan rasa syukurnya, “alhamdulillah sudah yang ketiga kalinya, mudah-mudahan acara ini bagian dari pada ikhtiar untuk ber-Muhammadiyah. Semoga semuanya dapat mengikuti sampai hari esok karena ada pemateri yang sangat luar biasa, dan ucapan terimakasih atas semua pihak yang sudah membantu berjalannya acara ini,” tegasnya.

Baca Juga:  Jelang Pra Visitasi Menuju Universitas, Inilah 5 Prodi Baru!

Dalam Refresh AIK ada beberapa pembahasan topik dengan para pemateri hebat, hari pertama (09/02/2024) setelah pembukaan terdapat Orientasi Belajar dan Kontrak Belajar dilanjutkan dengan Pre-Test (Abdulah Mukti, M.Pd), materi Arah Baru UM Kuningan Masa Depan (Dr. Muhammad Samsudin, S.Ag.,M.Pd.), materi Menghadirkan Risalah Islam Berkemajuan Mewujudkan UM Kuningan Unggul dan Berkemajuan (Drs. H. Ahmad Dahlan Rais, M.Hum.), materi Nilai-Nilai Perjuangan Tokoh Muhammadiyah (Prof. Dr. Ahmad Dahlan, M.Ag., Ketua PWM Jawa Barat), Fatur Qulub Q.S Ali Imran: 110, An-Nahl: 41 dan QS. Ash-Shaaf:4 (Asep Usamah,M.Pd.I dan Tim AIK).

Pada hari kedua, tepatnya Sabtu (10/02/2024) diawali dengan Qiyamul Lail dan Shalat Shubuh Berjamaah (Asep Usamah, M.Pd.I dan Tim AIK), Outbound/Senam Kebugaran (Dr. Casnan, M.Si dan Tim), materi Rancang Strategis UM Kuningan Unggul dan Berkemajuan (Ustadz Dadan Rahmatun Ramdan, Lc.), dilanjutkan RTL dan Post-Test, yang terakhir materi Transformasi UM Kuningan Mandiri, Unggul dan Berkemajuan (Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D.)

Refresh AIK bertujuan untuk menguatkan pemahaman keagamaan dosen dan karyawan dalam perspektif Muhammadiyah sehingga mampu meningkatkan pemahaman dan kualitas dalam menyampaikan dakwah atau mengamalkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan serta memberikan semangat untuk terus berperan aktif dalam persyarikatan Muhammadiyah. (Deliya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *