Mantap, HIMA PGSD Adakan Lomba Tingkat SD/MI se-Kabupaten Kuningan!

Kuninganglobal.comHimpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMA PGSD) STKIP Muhammadiyah Kuningan mengadakan kegiatan perlombaan eksternal pada hari Sabtu, (05/08/2023) yang merupakan rangkaian dari Milad Prodi PGSD yang ke-11. Perlombaan eksternal ini berupa perlombaan MIPA untuk tingkat SD/MI se-Kabupaten Kuningan.

Pembukaan acara perlombaan MIPA tingkat SD/MI se-Kabupaten Kuningan dilaksanakan di Gedung Djarnawi Hadikusuma, di Kampus tercinta kita STKIP Muhammadiyah Kuningan. Dengan dihadiri oleh Wakil Ketua I, Ketua Lembaga Al-Islam dan Kemuhammadiyahan,  Ketua Prodi PGSD serta seluruh peserta dan pendamping peserta perlombaan MIPA.

Perlombaan MIPA diikuti oleh 20 pendaftar dari berbagai SD/MI yang ada di Kuningan. Peserta didampingi oleh guru pendamping dari masing-masing sekolah. Perlombaan ini dilaksanakan 2 tahap, yaitu tahap 1 (babak penyisihan) dan tahap 2 (babak final perlombaan).

“Adanya perlombaan MIPA ini adalah untuk meningkatkan bakat dan juga minat peserta didik khususnya tingkat SD/MI dalam bidang akademik,” ucap perwakilan Ketua Pelaksana, Dea Siti Wahdiati.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu pendamping yang sudah mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti perlombaan ini. Tentunya bukan persaingan yang diutamakan tetapi sinergi sekolah untuk meningkatkan eksistensi Sekolah Dasar di Kabupaten Kuningan serta dapat menguji mental peserta didik,” ujar Mustaid selaku ketua Hima PGSD.

Lomba MIPA tingkat SD/MI se-Kabupaten Kuningan dimenangkan oleh SDN 17 Kuningan sebagai Juara 1 oleh ananda Anindita Kirana Mahestri , Juara 2 SDN Sadamantra oleh Ananda Fachriza Alfian Ramadhan dan Juara 3 SDN Sindangsari oleh ananda Afwa Sima Ayu. Pemenang lomba ini disambut hangat oleh Ketua Prodi PGSD, Dosen Homebase PGSD dan Ketua Hima PGSD sekaligus memberikan hadiah kepada juara lomba MIPA yang luar biasa.

“Perlombaan ini menjadi wadah pengembangan diri, rasa percaya diri, serta mengasah keterampilan kompetitif peserta didik. Mudah-mudahan dapat mendorong semangat belajar peserta didik, karena MIPA ini merupakan bagian prestasi anak bangsa yang tidak dapat dipisahkan,” tutur Ketua Prodi PGSD, Bapak Agus Saeful Anwar.

Baca Juga:  23 Mahasiswa Siap Mengabdi di Kuningan

Selanjutnya sambutan dari Bapak Casnan, M.Si. selaku Wakil Ketua I, sekaligus membuka acara pembukaan mengatakan,”Perlombaan MIPA ini mengusahakan kompetensi siswa terkait pedagogik/pengetahuannya. Tidak hanya pedagogik yang dikembangkan akan tetapi psikomotorik siswa juga perlu dikembangkan. Maka dari itu, saya mengajak Bapak/Ibu semuanya untuk meningkatkan inovasi, kinerja dan memikirkan perkembangan peserta didiknya. Dan mari kita dukung, support acara yang lainnya yang tidak hanya di STKIP saja, akan tetapi di lembaga lain juga sehingga dapat meningkatkan eksistensi sekolah (akreditasi),” tegasnya.

Terima kasih kepada KPU, Bawaslu, RSU 45 Kuningan, Bank BJB, BWS, PDAM, dan KNJ yang pasti sudah mau membantu kami untuk mensupport kegiatan perlombaan MIPA ini. Semoga bantuan dan dukungannya tidak berhenti sampai di acara ini saja, akan tetapi selalu mendukung kami di acara kegiatan HIMA PGSD selanjutnya.

Penulis: Novita

Editor: Nuri (Jurnalis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *