Mantap, Galaxy Nawasena Prodi PTIK STKIPM Kuningan Gelar Berbagai Perlombaan Se-Jawa Barat!

Kuninganglobal.com Dalam rangka Milad ke-13, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (HIMA PTIK) selenggarakan berbagai perlombaan tingkat SMA/SMK/MA sederajat daerah Kuningan, Cirebon, Majalengka dan LKBB tingkat SMP/MTs serta SMA/SMK/MA se-Jawa Barat bertempat di STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Pada pembukaan, Sabtu (9/3/2024) perayaan milad HIMATIK dihadiri oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) melalui Kepala Bidang Persandian dan Statistik, Wibawa Gumbira, S.Sos., M.Pd., Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dr. Nanan Abdul Manan, M.Pd., Ketua Program Studi PTIK, Yoyo Zakaria, M.Pd., M.Kom., para tamu undangan dan peserta perlombaan.

Kegiatan Milad HIMATIK STKIP Muhammadiyah Kuningan dibuka dengan simbolis pemukulan gong oleh Wibawa Gumbira, S.Sos., M.Pd., yang didampingi oleh Ketua STKIP dan Ketua prodi PTIK.

Wibawa Gumbira, S.Sos., M.Pd., menuturkan, “awalnya saya kaget, justru saya berpikir bahwa dalam milad HIMATIK terkait lomba dibidang IT seperti lomba aplikasi tapi ternyata yang muncul adalah LKBB. Tetapi saya memaknai ini adalah keseimbangan antara jasmani dan rohani supaya seimbang. Tidak hanya IQ, dengan adanya olahraga dan silaturahmi dapat meningkatkan EQ juga,” tuturnya.

“Beririsan dengan DISKOMINFO, kami berharap nanti kedepan akan mengadakan perjanjian kerjasama. Sehingga dapat memberdayakan SDM yang dikeluarkan oleh STKIP Muhammadiyah Kuningan jurusan PTIK. DISKOMINFO seperti saya dan tim dari bidang persandian dan statistik mudah-mudahan bisa mengembangkan kerjasama yang baik terutama dalam mengantisipasi keamanan informasi dan cybercrime. Hal lain yang bisa dikerjasamakan contohnya podcast bersama DISKOMINFO,” tambahnya.

Wibawa Gembira, S.Sos., M.Pd., pun memaparkan di dunia serba digital seperti halnya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Kita telah mengetahui bahwa sebentar lagi STKIP akan berubah status menjadi Universitas Muhammadiyah Kuningan. Harapannya ketika lulusan-lulusan Universitas Muhammadiyah Kuningan dan universitas lain yang ada di Kuningan bisa diarahkan ke hal-hal positif karena jika tidak diarahkan, kemungkinan besar akan terjerumus ke dalam hal-hal negatif. Sehingga bagaimana pemerintah memberdayakan supaya mahasiswa setelah lulus mendapatkan pekerjaan dan pengakomodiran serta membuat wadah, maka munculah relawan TIK yang dimana diketuai oleh Dosen STKIP Muhamamdiyah Kuningan.

Baca Juga:  Pandemi Bukan Halangan untuk Tetap Produktif

Dalam memeriahkan Milad HIMATIK terdapat berbagai perlombaan, diantaranya Lomba Desain Maskot (SMA/SMK/MA sederajat), Lomba LKBB (SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se-Jawa Barat), Lomba Videografi, dan Lomba E-Sport Mobile Legend.

Hari ini tepatnya setelah pembukaan diadakan langsung perlombaan LKBB dan sekaligus pengumuman kejuaraan.

Peraihan juara LKBB se-Jawa Barat:

(Kejuaraan Tingkat SMP/MTs)

Juara Utama 1 = SMP Plus Daarul Sa’adah Bongas

Juara Utama 2 = SMPN 1 Lebakwangi

Juara Utama 3 = SMPN 1 Ciawigebang

Juara Harapan 1 = SMP PGRI Babakan Cirebon

Juara Harapan 2 = SMPN 2 Plered

Juara Harapan 3 = MTsN NU Cantigi Indramayu

Juara Madya 1 = SMPN 3 Sumber

Juara Madya 2 = MTsN 1 Cirebon

Juara Madya 3 = SMPN Islam YPP Cilenga

PBB Dasar Terbaik 1 = SMP Plus Daarul Sa’adah Bongas

PBB Dasar Terbaik 2 = SMPN 1 Lebakwangi

PBB Dasar Terbaik 3 = SMPN 1 Ciawigebang

Variasi Formasi Terbaik 1 = SMPN 1 Ciawigebang

Variasi Formasi Terbaik 2 = SMPN 1 Lebakwangi

Variasi Formasi Terbaik 3 = SMP Plus Daarul Sa’adah Bongas

Danton Terbaik 1 = SMP Plus Daarul Sa’adah Bongas

Danton Terbaik 2 = SMPN 1 Ciawigebang

Danton Terbaik 3 = SMP PGRI Babakan Cirebon

Kostum Terbaik 1 = SMPN 1 Ciawigebang

Kostum Terbaik 2 = MTsN NU Cantigi Indramayu

Kostum Terbaik 3 = SMP Plus Daarul Sa’adah Bongas

Pasukan Terfavorit 1 = SMPN 1 Lebakwangi

Pasukan Terfavorit 2 = SMPN 1 Kuningan

Pasukan Terfavorit 3 = SMPN 2 Kuningan

(Kejuaraan Tingkat SMA/SMK/MA)

Juara Utama 1 = SMK Muhammadiyah Kandanghaur

Juara Utama 2 = SMKN 3 Kuningan

Juara Utama 3 = SMAN 1 Ciawigebang

Juara Harapan 1 = SMK NU Kaplongan (B)

Juara Harapan 2 = SMKN 1 Losarang Indramayu

Juara Harapan 3 = SMAN 1 Sodonghilir

PBB Dasar Terbaik 1 = SMAN 1 Ciawigebang

PBB Dasar Terbaik 2 = SMKN 3 Kuningan

Variasi Formasi Terbaik 1 = SMK Muhammadiyah Kandanghaur

Variasi Formasi Terbaik 2 = SMKN 1 Losarang Indramayu

Danton Terbaik 1 = SMAN 1 Ciawigebang

Danton Terbaik 2 = SMK Muhammadiyah Kandanghaur

Kostum Terbaik 1 = SMKN 1 Losarang Indramayu

Kostum Terbaik 2 = SMK NU Kaplongan (B)

Pasukan Terfavorit 1 = SMAN 1 Ciniru

Baca Juga:  Aksi Demonstran Diakhiri dengan Penyegelan Kantor Dewan

Pasukan Terfavorit 2 = SMAN 1 Sodonghilir

Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dr. Nanan Abdul Manan, M.Pd., mengatakan, “Pimpinan STKIP Muhammadiyab Kuningan tentunya menyambut baik dan luar biasa dengan diselenggarakannya kegiatan ini, apalagi kita menuju Universitas Muhammadiyah Kuningan. Kampus kita harus bisa diterima oleh masyarakat yang lebih luas, dan tidak sekedar satu atau dua disiplin keilmuan saja. Sehingga momentum ini sangat tepat untuk mensosialisasikan kampus STKIP yang siap dan strategis untuk bisa dijadikan destinasi pendidikan bagi mereka kelak,” tegasnya.

“Peningkatan mutu SDM berkelanjutan pun perlu dilakukan karena jika setelah menjadi Universitas Muhammadiyah Kuningan, maka kita akan bersaing dengan universitas yang sudah besar dan sudah memiliki reputasi nasional dan internasional,” sambung Nanan.

Disambung oleh Ketua Program Studi PTIK, Yoyo Zakaria, M.Pd., M.Kom., menyampaikan, “dalam hal ini merupakan momen yang luar biasa sekali. Walaupun salah satunya adalah perlombaan LKBB yang bukan keprodian, namun kita bisa mengambil makna dalam hal silaturahmi untuk saling menguatkan dan bekerjasama. Begitupun mahasiswa bisa lebih semangat dan bisa terus mengembangkan diri. Melalui kegiatan ini mudah-mudahan para peserta bisa mendapat hasil yang terbaik,” pungkasnya. (Deliya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *