Jalan Santai dan Pengobatan Gratis Semarakkan Milad ke-111 Muhammadiyah di Kab. Kuningan

Kuninganglobal.com Dalam rangka Semarak Milad ke-111 Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kuningan gelar jalan santai dan pengobatan gratis untuk umum yang berlokasi di STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Penjabat (Pj) Bupati, Asisten Daerah 1 Kabupaten kuningan, Toni Kusmanto, S.AP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, “Kemerdekaan bangsa Indonesia bukan karena SDMnya kaya, tetapi ada semangat untuk memerdekakan Indonesia. Mari kita terus bekerjasama demi kamajuan Indonesia. Mudah-mudahan bisa menjadi pribadi yang berpikir jernih dan berkontribusi untuk bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari ini, Minggu (07/01/2024) dan STKIP Muhammadiyah Kuningan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan jalan santai hingga pengobatan gratis.

Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Dr. Nanan Abdul Manan, M.Pd mengatakan, “ini merupakan rangkaian kegiatan Semarak Milad ke-111 Muhammadiyah dan STKIP Muhammadiyah Kuningan menjadi tuan rumah. Tentunya kami merasa terhormat karena menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan kegiatan ini,” singkatnya.

“Begitupun harapannya akan menjadi salah satu momentum strategis yang di mana STKIP akan merger menuju universitas sehingga masyarakat menjadi semakin yakin atau percaya terhadap kualitas pendidikan di STKIP Muhammadiyah Kuningan terkhusus pada level Perguruan Tinggi,” tambah Nanan.

Semarak Milad ke-111 Muhammadiyah tahun ini mengusung tema “Ikhtiar Menyelamatkan Semesta”. Dengan tujuan untuk mempererat tali persaudaraan.

Wakil ketua II, Hermawan, M.Si mengucapkan, “acara yang diselenggarakan dalam memeriahkan Milad yang ke-111 Muhammadiyah hari ini dapat berjalan sukses bahkan untuk ke depannya bisa lebih baik lagi. Mohon doanya juga sebentar lagi dua instansi yaitu STKIP Muhammadiyah Kuningan dan STIKES Muhammadiyah Kuningan akan menjadi universitas,” ucapnya.

“Kegiatan hari ini bukanlah penghujung acara, namun akan ditutup dengan Tabligh Akbar. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh Amal Usaha Muhammadiyah dan Organisasi Otonom dalam memeriahkan milad ini. Semoga yg diberikan dapat bermanfaat sebagaimana sesuai dengan tema,” tambah Hermawan.

Baca Juga:  Jenuh di Rumah Terus, Coba Budidaya Hidroponik

Pembukaan jalan santai dan pengobatan gratis yang diselenggarakan oleh PDM Kabupaten Kuningan bertempat di STKIP Muhammadiyah Kuningan dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati yaitu Asisten Daerah I Kabupaten Kuningan, Toni Kusmanto, S.AP, M.Si, Kepala Kemenag Kuningan, Ketua PDM Kab. Kuningan beserta jajarannya, Kapolres kuningan, Koramil Kuningan, Kepala Dishub Kuningan, Kepala Satpol PP Kuningan, PDA Kuningan, Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan, Ketua STIKES Muhammadiyah Kuningan.

Turut hadir pula Kepala SMK Muhammadiyah 1 Kuningan, Kepala SMK Muhammadiyah 2 Kuningan, Kepala SMK Muhammadiyah 3 Kuningan, seluruh Pimpinan Organisasi Otonom, para Kesepuhan Muhammadiyah Kuningan dan tamu undangan serta seluruh peserta jalan santai.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kuningan, Ustadz Dadan Rohmatun, Lc, menyampaikan, “terima kasih kepada masyarakat Muhammadiyah bahkan Nahdatul Ulama, Persis dan MUI yang ikut memeriahkan semarak Milad ke-111 Muhammadiyah. Mari kita bersatu untuk semesta. Dan juga tidak luput kepada donatur dan jajaran panitia yang sudah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya. Kegiatan ini merupakan wujud untuk menyelamat semesta, karena muslim memiliki 4 kriteria yaitu pertama, memiliki pemikiran baik dan lurus dengan muncul dari akidah yang benar, kedua baik ekonominya, ketiga harus memiliki fisik yang baik dan keempat hati yang baik,” tegasnya.

“Sekarang pun berbarengan dengan semarak pemilu. Secara khusus Organisasi Muhammadiyah tidak menunjuk kepada salah satu partai dan secara personality dapat bergabung ke partai manapun,” tambah Dadan.

Dalam persiapan maupun saat pelaksanaan Semarak Milad ini diperkokoh dengan berbagai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah Kabupaten Kuningan:

– Pimpinan Daerah Aisyiyah

– STKIP Muhammadiyah Kuningan

– STIKES Muhammadiyah Kuningan

– SMK Muhammadiyah 1, 2 dan 3 Kuningan

– Nasyiatul ‘Aisyiyah Kab. Kuningan

Baca Juga:  Peringati Hari Guru Nasional, Hima PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan Gelar Seminar Hari Guru

– Pemuda Muhammadiyah Kab. Kuningan

– Hizbul Wathan Kab. Kuningan

– Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kuningan

– Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kuningan

– Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kuningan

Antusiasme tinggi terlihat dari banyaknya masyarakat yang mengikuti kegiatan ini. Tidak hanya jalan santai saja, tetapi juga terdapat dorprize menarik dan akan dibagikan kepada peserta yang beruntung. Dorprize tersebut dari mulai sepeda listrik, televisi, sepeda, kulkas, kompor, seterika, bahkan hingga kambing dan masih banyak lainnya. Kegiatan ini pun menyediakan 10 stand.

Adapun rute kegiatan jalan santai dimulai dari Jalan Moertasiah, Jalan Pasar Darurat, Jalan Veteran, Jalan Juwita, Jalan Ahmad Yani, Jalan Moertasiah Soepomo, dan finish di tempat start semula yaitu kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan. Teknis jalan santai terkait tiket akan diberikan saat di depan SD Negeri 5 kuningan.

Sebelum penyebutan pemenang kupon, terdapat pengumuman kejuaraan perlombaan yang diikuti oleh siswa-siswi tingkat TK dan SD dan juga penampilan hiburan.

Selain itu, pengobatan gratis menjadi kesempatan masyarakat untuk memeriksakan kesehatan mereka seperti pengecekan kesehatan dan donor darah. (Deliya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *