Studi Kelayakan Kedai Kopi di Kuningan Coffe Parabox

Kuninganglibal.com – – – Kopi yang merupakan salah satu komoditas perekbunan yang memiliki peran penting dalam menyumbangkan devisa negara, karena nilai ekonominya yang cukup tinggi. Kopi yang merupakan salah satu komoditas paling populer dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat Indonesia. Menurut Internatinoal Coffe Organization (2017), konsumsi domestik kopi di Indonesia dari tahun 2011 terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun hal ini dibuktikan dari Journal of Food and Agribusiness.

Dalam Journal tersebut terdaat grafik yang menunjukkan konsumsi kopi di Indonesia dari tahun 2017 mencapai angka 4.600.000 (dalam bungkus 60kg) dan mengalami peningkatan sebesar 2,1% dari tahun sebelumnya yang encapai angka 4.500.000.

Menurut proyeksi dari Pusat Data dan Sistm Informasi Pertanian tahun 2017, nilai konsumsi kopi di Indonesia dari tahun 2017-2021 akan cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya. Salah satu Provinsi di Indoneia yang memiliki jumlah produksi kopi yang cukup tinggi adalah Provinsi Jawa Barat. Luas areal dan produksi kopi terbesar di Jawa Barat berada di Kabupaten Bandung yaitu sebesar 10.880 Ha, dengan jumlah produksi sebanyak 5.401 ton (Dinas Perkebunan Jawa Barat, 2018). Produksi kopi yang tinggi ini mennunjukkan bahwasannya kopi merupakan komoditas yang cukup populer di Indonesia termasuk di Jawa Barat.

Semakin berkembangnya tren minum kopi yang kekinian di kalangan masyarakat inilah yang membuat semakin banyak pelaku bisnis yang turut mencoba untuk terjun ke dunia bisnis kedai kopi atau coffe shop. Tren minum kopi ini juga tak hanya berlaku di Kabupaten Bandung saja, akan tetapi berlaku juga di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang mana Kabupaten Kuningan memikili faktor suhu agak kemirip-mirippan dengan Kabupaten Bandung hal itu juga dapat diperkuat dengan tatak letak geografi Kabupaten Kuningan yang persis dibawah kaki gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

Baca Juga:  Disarsipus Kuningan Bekerjasama Dengan Duta Baca Kuningan Gelar Pemilihan Duta Baca Anak dan Pelajar

Dengan melihat perkembangan tren minum kopi yang semakin meningkat inilah memunculkan suatu peluang untuk para pelaku usaha yang tergerak merencanakan dan membuka kedai kopi atau coffe shop dan sejenisnya di Kabupaten Kuningan. Sebelum membuka suatu bisnis tentu perlu adanya rencana perhitungan yang matang untuk mengukur kelayakan bisnis kedai kopi agar tidak berhenti ditengah-tengah perjalanan atau hanya ikut-ikutan tren belaka.

Dari sinilah para pelaku usaha kedai kopi harus memperhitungkan matang-matang terhadap targetan konsumen yang tepat, lokasi yang strategis, bahan baku dan peralatan, supplier yang tepat, perijinan-perijinan yang sah serta promosi dan SOP sehingga usaha bisnis yang kita lakukan ini tidak hanya mengikuti tren-tren belaka akan tetapi menjadi bisnis jangka panjang.

Dari semua langkah-langkah yang kurang lebihnya diketahui seperti demikian tentu perlu adanya evaluasi secara berkala untuk mereview masing-masing bagian per divisi/bidang tersebut apakah sesuai dengan SOP bisnis kopi yang dijalankan atau tidaknya. Melalui tindakan evaluasi inilah seorang bo/manager dapat mengukur kekurangan dan kelebihan bisnis anda, sehingga dapat terus berinovasi agar bisnis kopi anda teteap hidup dan terus berkembang.

Salah satu kedai kopi yang populer di Kabupaten Kuningan yakni Cafe Parabox, yang berlokasi di Unnamed Road, Cijoho, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Cafe inilah yang memiliki konsep keunikan tersendiri dengan konsepan pantainya, sehingga Kuningan memiliki pantai yang tak punya laut dan itu menjadi keunikan tersendiri bagi Cafe Parabox.

Dalam hal ini bukan berarti sebagai penulis hanya mengunggulkan salah satu kedai kopi saja. Akan tetapi masih banyak tempat-tempat ngopi dengan keunikan konseppan lainnya yang belum saya kunjungi di Kuningan.

Dalam hal ini juga sebagai penulis pada dasarnya hanya diperuntukkan untuk memenuhi tugas dari Dosen Kewiraushaan yang secara kebetulan merupakan pemilik cafe tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan bahwasanya Cafe Parabox mempunyai kelayakan sebagai tempat ngopi yang saya rekomendasikan, karena dari mulai segala fasilitas, menu-menu kopi, makanan cemilan hingga berat sangat menggoda selera, serta atittude dari pada karwayan maupun diatasnya itu sangat frendly sehingga membuat kenyaman tersendiri kala menikmati kopi yang telah tersaji.

Baca Juga:  Coaching Clinic Swimming bersama Wasit Renang Level Internasional

Penulis :
Nama : Prima Salman Hafizh Hibatullah
NIM : 192223140
Prodi/Kelas : PJKR/5C STKIP Muhammadiyah Kuningan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *