Silaturahmi dan Sharing HIPMI Jabar dalam Workshoop Kewirausahaan STKIP Muhammadiyah Kuningan

Kuningan, Walapatra.com — Acara silaturahmi dan sharing dalam agenda kegiatan Workshoop Kewirausahaan yang diadakan ditempat Foodcourt Kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan, Acara yang dimulai pada hari/tanggal Sabtu, 26 Juni 2021 pukul 09.00 WIB.

Dalam acara tersebut turut hadir Bpk. Novi Setia Nurviat selaku Ketua Bidang Ekonomi Kreatif, Kesehatan dan Telekomunikasi serta Owner PT. Inovindo Digital Media, Owner PT. Dirgantara Perkasa Propertindo, Owner PT. Kuningan Berdaya Kreatif, Owner Yayasan Daarul Adkar dan Didampingi Indra Gunawan selaku Ketua DPC HIPMI Kuningan.

Acara yang dibuka dan diisi sambutan langsung oleh Bpk. Nanan Abdul Manan M.Pd selaku Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan didampingi oleh Bpk. Oman Suryaman M.Pd selaku Ketua PMB STKIP Muhammadiyah Kuningan dan Bpk. Agus Saeful Anwar yang bertindak sebagai moderator dalam acara Workshoop Kewirausahaan.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan ini beliau menyampaikan turut berbangga dan mengucapkan terimakasih karena begitu banyaknya Mahasiswa yang antusias dalam mengikuti kegiatan Workshoop Kewiraushaan. Acara ini sebagai bentuk penunjang dari pada Visi Kampus STKIP Muhammadiyah itu sendiri yakni “Menajdi Perguruan Tinggi yang Unggul dalam Bidang Pendidikan, Teknologi dan Kewirausahaan yang Berlandaskan Nilai-nilai Islam”, maka dari itu diharpkan dengan diselenggarakannya acara Workshoop ini Mahasiswa yang LULUS dari Kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan tidak hanya menjadi seorang Guru melainkan bisa menambah profesi menjadi seorang Pengusaha.

Terahir belai juga mengapresiasi kepada Mahasiswa yang sedang membangung ataupun yang sudah menjalankan wirausahanya mudah-mudahan dengan hadirnya para Pengurus HIPMI ini bisa termotivasi dalam membangun atau menjalankan wirausahanya agar lebih maju dan berkembang.

Kemudian acara dilanjutkan dengan diiisi oleh Bpk. Novi Setia Nurviat dengan membagikan pengalamanya sebagai pelaku wirausaha sukses. Setelah beliau membagikan pengalamanya dalam memulai dan menggeluti dunia bisnisnya munculah beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh beberapa Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan yang tentunya masih berkaitan dengan seputar dunia kewirausahaan.

Baca Juga:  Kohati Komisariat Abdul Malik Fadjar Cabang Kuningan Harus Menjadi Kontributor Pembaharu

Shelma Oktavia melontarkan Pertanyaannya “Bagaimana memilih usaha yang baik, apakah dengan menjual produk yang sedang trend atau yang menjadi kebutuhan pokok ?”, ada juga Mahasiswa yang melontarkan Pertanyaannya “Dalam setiap memulai maupun menjalankan suatu Usaha pada realitanya komitmen dan semangat dalam menjalankan wirausaha ini selalu dibenturkan dengan keadaan pasar, apalagi usaha yang dilakukan itu dipasarkan dengan cara berkeliling, bagaimana menurut pengalaman bapak dalam menanggapi dan mensiasati agar komitmen atau semangat dalam berwirausaha ini tetap berjalan bahkan bisa lebih berkembang.

Dua dari pertanyaan dilontarkan Mahasiswa tersebut dijawab dengan elegan dan begitu masuk akal sehingga menumbuhkan optimisme kepada seluruh peserta Workshoop agar tetap terus menjalankan usahanya. Pertanyaan yang dilontarkan Shelma dijawabnya dengan “Sebenarnya berbicara mengenai masalah produk dalam usaha itu tidak ada yang tidak baik, namun selagi kita bisa menguasai pangsa pasar produk apapun itu jenisnya bisa berjalan dengan baik, ketika ada suatu produk yang sedang trend juga bisa dijalankan meskipun produk yang sedang trend ini bisa saja bersifat sementara namun tidak menutup kemungkinan jika kita bisa menguasai pangsa pasarnya kita bisa mempertahankan produk trend ini dalam jangka panjang.

Hanya saja jika sebelumnya kita sudah punya usaha sebaiknya dipertahankan usaha yang sudah kita rintis lebih awal kalaupun memang memungkinkan untuk menjual produk yang sedang trend itu boleh juga dengan catatan jangan sampai menysampingkan usaha yang sudah kita rintis lebih awal”. Shelma menarik kesimpulan “Usaha apapun itu selagi kita bisa menguasai pangsa pasarnya dan target penjualannya dikuasai InsyaAllah bisa berjalan dengan baik” tuturnya dengan wajah yang tersenyum lebar menandakan bahwa dia Optimis agar tetap menjalankan usaha yang sedang dijalankan kepada tim media.

Baca Juga:  KKN 47 UNIKU Gelar Kejasama dengan Karang Taruna Adipati Angin Melalui Taman Baca Masyarakat ARUNIKA

Pertanyaan kedua juga dijawabnya dengan “Curhatlah dirimu dengan orang-orang yang sudah berpengalaman dan sukses yang terjun dalam dunia usaha, sehingga kamu bisa mengambil ilmu dan motivasi yang kamu dapatkan agar tetap berkomitmen dan tetap semangat dalam menjalankan usahamu agar nantinya usaha yang sedang kamu jalankan bisa lebih maju dan berkembang”.

Menanggapi jawaban yang disampaikan beliau Mahasiswa yang melontarkan pertanyaan tersebut menyampaikan kepada tim media ketika ditemui “Memang benar saat ini saya tidak menggunakan cara yang disampaikan beliau, saya hanya sering mengutarakan apa yang mejadi permasalahan yang ada.

Dalam pertanyaan tersebut kepada kawan-kawan pedagang yang saya temui setiap harinya saja, padahal semakin canggihnya suatu teknologi kita dipermudah berinteraksi dengan berbagai orang yang ada dimuka bumi ini, maka dari itu saya akan merubah pola dalam menjalankan usaha yang saat ini sedang saya garap ketika menemukan suatu permasalahan atau kendala dalam usaha yang sedang saya geluti”.

Acara kemudian diisi oleh Bpk. Indra Gunawan, beliau sempat tidak menyangka begitu banyak Mahasiswa yang sudah menggeluti dunia Wirausaha meskipun dengan begitu banyaknya segudang tugas-tugas permata kuliahnya. Tidak banyak memang yang disampaikan beliau ini, hanya penyampaian motivasi yang dia sampaikan agar terus memiliki minat dan semangat dalam menggeluti dunia wirausaha. Kemudian acara ditutup oleh sang Moderator, sebelum menutup acara Workshop Kewirausahaan beliau turut menyampaikan motivasi kepada para Mahasiswa yang hadir di kegiatan acara Workshop ini dan acara pun ditutup pada pukul 11.30 WIB.

Bpk. Nanan Abdul Manan M.Pd ketika ditemui tim media mengutarakan “InsyaAllah dalam waktu yang singkat Kampus STKIP Muhammadiyah juga akan membentuk HIPMI Perguruan Tinggi dimana HIPMI Perguruan Tinggi ini nantinya dapat menampung Mahasiswa yang sudah mempunyai usahanya maupun yang ingin membangun usaha namun terkendala karen modal yang tentunya akan berkolaborasi dengan teman-teman HIPMI lainnya, I’m a Teacher, I’m an Enterpreneur”. (prima_pjkr)

Baca Juga:  Sri Nurbaeti Siap Adu Skill dalam Ajang Duta Putra-Putri Pendidikan Jabar 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *