Peringatan Hari Sumpah Pemuda; KPU Kuningan Berikan Hadiah Pemenang Lomba Artikel Demokrasi

Kuninganglobal.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan melaksanakan upacara bendera dalam rangka Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 93 tahun 2021 bertempat dihalaman kantor Kamis, 28 Oktober 2021. Hadir dalam upacara tersebut jajaran komisioner, sekretariat, dan tamu undangan yang berasal dari pemenang lomba penulisan artikel, dewan juri dan perwakilan sekolah dan kampus.

Dalam upacara tersebut ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Z. Fauzi menyampaikan amanat tentang peran dan tantangan generasi muda dimasa pandemi, asfa mengajak generasi muda untuk terus berkarya, bahu membahu dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid 19, selain itu juga mengajak generasi muda, pelajar dan mahasiswa untuk aktif terlibat dalam penguatan isu-isu demokrasi, khususnya di kabupaten Kuningan.

Dudung Abdu salam selaku ketua divisi sosdiklih dan parmas KPU Kuningan mengatakan bahwa Pendidikan politik merupakan program utama yang akan terus di lakukan KPU sebagai penopang rencana pembangunan jangka menengah dalam momentum sumpah pemuda kali ini, KPU telah berhasil menggelar lomba penulisan artikel demokrasi tingkat pelajar dan umum, naskah yang masuk kepanitia sebanyak 87 naskah terdiri dari 36 naskah dari peserta laki-laki atau 33 % dan dan 51 naskah dari peserta perempuan atau 67%, kemudian dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari akademisi STKIP Muhammadiyah, UNISA dan UNIKU, dan pada saat upacara peringatan sumpah pemuda ini dibagikan hadiah untuk para pemenang.

Berikut ini juara lomba artikel demokrasi tingkat pelajar, juara pertama; saudari Aisyah dari MA Mursyidul Falah, Juara kedua; sarah afina dari SMA IT Al Multazam, dan Juaran ketiga; Nasywa Rafif Salimah dari SMA IT Al Multazam, sedangkan Juara kategori umum Pertama; Willy Setiaza Permana mahasiswa Fakultas hukum UNIKU, Kedua; Sri Melynda dari PC Kopri PMII dan ketiga; Amoreyzo Etniko dari Kamuning Bandung, Diharapkan dengan budaya menulis ini banyak ide dan masukan terhadap penguatan demokrasi masyarakat.

Baca Juga:  Disarsipus Kuningan Bekerjasama Dengan Duta Baca Kuningan Gelar Pemilihan Duta Baca Anak dan Pelajar

Disamping itu, KPU juga memberikan penghargaan kepada Partisipan terbanyak, yang pertama kepada perguruan tinggi UNIKU dan sekolah kepada SMAN 1 Cilimus. “Kami berharap dengan lomba penulisan artikel ini akan membangun kesadaran politik siswa sebagai pemilih pemula, mahasiswa agar menjadi pemilih yang berdaulat.”

Kedua; mengedukasi siswa dan pemuda dalam memfilter informasi, sehingga siswa maupun generasi muda tidak mudah termakan isu hoaks terkait kepemiluan, ketiga; menghindarkan siswa dan generasi muda sebagai pemilih pemula pada praktik politik uang yang sering terjadi menjelang Pemilu dan Pemilihan; serta membudayakan literasi di tingkat pemilih pemula sebagai bagian dari masyarakat demokrasi. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini. (dudung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *