Ikuti Sertifikasi Internasional One Starr Scuba Diver (A 1 POSSI), Ini kata Ikhlasul Amalda!

Kuninganglobal.comDalam rangka peningkatan kualitas dan kuantitas potensi SAR dalam bidang pencarian, pertolongan dan penanggulangan bencana. Scout Rescue 0903 Kwarcab (Kwartir Cabang) Cianjur yang berkoordinasi dengan CMAS, PB POSSI, TNI Rider 300 Cianjur dan FKP3D mengadakan kegiatan Sertifikasi Internasional One Strar Scuba Diver (A 1 POSSI).

Pada kegiatan ini Mapala sagarmatha STKIP Muhammadiyah Kuningan ikut serta mendelegasikan anggotanya yang bernama Ikhlasul Amalda dengan Nama Rimba “Tangkis” NPA.SM.01.10.HC Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) semester 7.

Sertifikasi Internasional One Strar Scuba Diver (A 1 POSSI) diikuti dari berbagai kalangan seperti anggota Damkar Purwakarta, anggota Scout Rescue, anggota Pramuka Kwarda Jabar, mahasiswa dari berbagai kampus dan juga Atlet selam Cianjur yang masih setingkat SMP.

Ikhlasul Amalda mengatakan, “tujuan mengikuti kegiatan tersebut adalah sebagai peningkatan skill awal yang harus dikuasai untuk bisa mengikuti jenjang yang lebih lanjut yaitu Rescue. Sebab, prinsip dasar dari penyelamatan adalah menolong tanpa menambah korban. Selain itu dalam dunia selam banyak kecabangan, khususnya seperti menjadi wasit/pelatih OBA olahraga bawah air, menjadi pekerja bawah air atau yang familiar disebut Underwater Welding, atau hanya sekeder olahraga rekreasi yang menikmati keindahan bawah laut. Bila ada manusia di darat yang takut kesepian, marilah menyelam bersamaku, setidaknya kau tidak akan sendiri lagi. You Never Dive Alone ! (peraturan dalam dunia selam),” tegasnya.

Kegiatan ini dimulai dari tanggal 23-27 Januari 2024, dengan tiga tahap kegiatan. Tahap permata bertempat dikwarcab cianjur, diisi dengan materi mengenal SCUBA (Self-Contained Underwater Breathing Apparatus) alat pernapasan bawah air mandiri, yang disampaikan langsung oleh kang Uus  Abdul Kudus, SPI, MSI. selaku Instruktur selam CMAS INA/FOO/M/0284, selain itu termasuk instruktur selam PB POSSI dan instruktur selam di FDC – IPB .

Baca Juga:  PASI Jabar Targetkan 7 Medali Emas pada PON 2021 di Papua

Pada tahap kedua adalah praktek kolam yang dilakukan di kolam renang Tirta Braja rider 300 Cianjur dilakukan selama dua hari untuk mengasah keterampilan berenang, dan membiasakan diri dengan peralatan Scuba. Selanjutnya tahap yang ketiga adalah penyelaman yang sesungguhnya (open water) dengan didampingi oleh instruktur dan asistennya untuk menyelam di laut Pulau Seribu Jakarta tepatnya di Pulau Pramuka yang dilakukan 3 kali penyelaman selama 2 hari. Tidak hanya materi, namun terdapat sharing season untuk mengetahui kendala dan peningkatan kemampuan setiap peserta.

Penulis: Ikhlasul Amalda

Editor: Deliya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *