Bertukar Sementara Bermakna Selamanya, Pengalaman Mengikuti Program PMM

KuninganProgram PMM itu Apa sih ? PMM atau Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan salah satu bagian dari program Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar lintas kampus dan budaya dari daerah asal selama satu semester. Tujuannya adalah mengekplorasi keragaman kebudayaan Indoensia, bertemu dengan teman-teman baru dari seluruh penjuru Nusantara sembari belajar di perguruan tinggi lain yang tentunya memiliki lingkungan dan sistem pembelajaran yang berbeda dari kampus asal.

(Pembuatan Papeda dan Ikan Kuah Kuning)

Pada bulan September 2023, saya bersama teman – teman berangkat dari Kuningan Jawa Barat ke Ujung Timur Indonesia, tepatnya yaitu Sorong, Papua Barat Daya.  Ini merupakan momen paling mengesankan, karena jauh dari keluarga. Walau begitu perjalaann ini sangat menyenangkan.

Gedung berkemajuan tempat kali pertama Bertemu banyak teman baru dari berbagai latar belakang suku, budaya, agama, saling bercerita dan mengenal budaya dari daerah masing-masing sekitar 366 Mahasiswa peserta PMM Inbound Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

(Kunjungan ke Kampung Arar, Sorong Papua Barat Daya)

Selain bertemu dengan kawan baru PMM juga mempunyai kegiatan khusus, berupa mata kuliah Modul Nusantara terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu kebhinekaan, refleksi, inspirasi, dan kontribusi sosial ini. Kegiatan ini memberikan kami kesempatan untuk mengeksplor keindahan alam, mengunjungi situs sejarah, warisan budaya, dan tempat wisata yang ada di Sorong, Papua Barat Daya, bertemu dengan tokoh inspiratif, mencicipi berbagai makanan khas Papua  yang cenderung asam, dan tentunya mengenal lebih dalam budaya yang ada di Kota Sorong ini.

Penulis: Putri Shela Oktaviani / Mahasiswa Semester 7 STKIPMKu

 

Baca Juga:  Apakah Strategi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di Kelas Rendah Itu Penting?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *