Tips Berwirausaha dari Mega Silpiani Seorang Pengusaha Milenial

Mega Silpiani

Walapatra. com — Menjadi seorang Mahasiswa sekaligus Pengusaha merupakan hal yang tidak mudah, karena harus membagi waktu antara studi dan berwirausaha. Selain itu juga tidak semua orang mempunyai kesempatan yang sama.

Mega Silpiani merupakan salah satu orang yang mempunyai kesempatan itu, dia seorang Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru PAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan sekaligus wirausahawan. Mega Silpiani mempunyai hobi yang memang banyak digemari oleh kaum wanita pada umumnya yaitu memasak.

Beranjak dari hobi yang digemarinya, sehingga dia memutuskan untuk berwirausaha. Dan Jenis usaha yang dia geluti adalah bidang Makanan (Roti, Cibay dan Ice Cream) yang dijual secara online, oleh karena itu untuk teman-teman yang ingin melihat dan memesan produk nya bisa di lihat di akun instagram @jajanangabut_kng.

Dia berpendapat bahwa makanan adalah kebutuhan pokok bagi manusia “Saya memilih berjualan makanan adalah karna makanan adalah kebutuhan dan makanan adalah prodak yang akan habis di konsumsi, jadi kemungkinan besar seseorang membeli produk saya setiap hari karna makanan adalah kebutuhan manusia. Prinsip saya dalam merintis usaha asalah bukan seberapa luas pemasaran produk makanan saya tapi seberapa banyak customer yang menjadi langganan.” Ujar Mega Silpiani.

Selain itu juga, dia memberikan beberapa tips untuk teman-teman yang ingin berjualan. Menurutnya ada 4 tips yang bisa diaplikasikan ketika hendak berwirausaha diantaranya adalah sebagai berikut :

Sedikit tips untuk berwirausaha :

  1. Jika produk yang dijual adalah makanan gunakan prinsip “penjualan yang baik itu jangan terlalu fokus memperluas penjualan, tapi penjualan yang baik adalah penjualan yang menghasilkan langgan
  2. Konsekuensi pada diri sendiri, jangan gunakan uang penjualan sebelum 1 bulan uang hasil penjualan terkumpul. Nantinya anggap saja kita digaji oleh produk kita sendiri, dengan begitu uang akan terkumpul dan terkelola dengan baik
  3. Fokus dengan penjualan produk satu persatu. Misal kmu ingin menjual banyak barang/produk, saran saya anda mengeluarkan produk itu masing masing jeda 1 minggu, berikan kesan penjualan yang baik pada setiap produknya . Ibarat bermain ludo kita fokus satu persatu menjalankan biji ludo sampai ke puncak agar fokus kita tidak terbagi.
  4. Memberi diri reward untuk setiap pencapaian dalan berjualan, jadi akan ada semangat yang berbeda ketika kita meiliki target. Misal jika saya berhasil menjual 100 mangkuk ice cream saya akan membeli baju. Nah untuk reward nya tidak perlu neko neko dan tidak harus mahal yah. Misal kalian melihat jam bagus jadikan itu sebagai target reward untuk diri sendiri, memberikan apresiasi terhadap diri sendiri itu perlu loh
Baca Juga:  Karya Tulis Sastra II Nuraji

Diatas merupakan beberapa tips untuk teman-teman yang ingin berwirausaha yang diberikan oleh Mega Silpiani selaku Pengusaha Milenial. (ccp)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *