Adit Setia, Seorang Petani Kopi Sukses

AditWalapatra.com — Menjadi sukses adalah impian bagi setiap orang, namun menjadi sukses itu tidak segampang membalikan telapak tangan. Dengan kreatifitas dan kerja keras Adit Setia telah membuktikannya, sehingga dia menjadi salah satu anak muda yang sukses sebagai petani kopi.

Dengan motivasi ingin meningkatkan perekonomian petani lokal, dan peluang yang didapatkannya, ketika belajar di Coffee Malabar – Bandung pada 2017 lalu. Kini dia mengaplikasikannya kepada petani kopi yang berada di Desa Linggajati Kabupaten Kuningan Jawa Barat. ungkapnya, pada Senin, (19/10/20) kemarin.

Dia mulai mengaplikasikan ilmu yang didapatnya itu kepada keluarga kemudian membentuk sebuah Kelompok Petani Kopi Linggarjati,  “Dulu saya hanya bermodal ilmu yang didapat dan uang pinjaman dari sodara saya sebesar  sepuluh juta, dan Alhamdulillah sekarang saya sudah mempunyai mesin yang mempuni, petanipun terbantu dengan penjualan kopi yang dulu hanya delapan belas ribu perkilo dan sekarang sudah  mencapai lima puluh ribu perkilo bahkan bisa lebih”, ungkapnya.

Bahkan kini pendapatan Adit sudah sangat meningkat, dalam hitungan empat tahun dia mampu menaikan pendapatan yang sangat besar. Lima puluh juta pertaun, dan tiga juta perbulan keuntungan bersihnya, dengan pendapatan tersebut dia mampu mengembangakan pertanian, bahkan prodak yang dia jual sudah menembus Malaysia bukan lagi di Indonesia.

Menurutnya, “Dengan bekerja keras kita akan mendapatkan hasil yang sebanding dengan yang kita kerjakan pula, harapan saya yaitu pemerintah harus memperhatikan petani yang sekarang sudah jarang dari kalangan muda, karna gengsi dan malu, saya juga berharap kepada pemuda untuk tidak malu berdagang dan berwirausaha”. (Iman Hidayah)

Baca Juga:  Disarsipus Kuningan Bekerjasama Dengan Duta Baca Kuningan Gelar Pemilihan Duta Baca Anak dan Pelajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *