Sambut Era Metaverse, Mahasiswa STKIP Dibekali Kuliah Umum

Siapkan Dirimu untuk Masa Depan!!

Kuninganglobal.com STKIP Muhammadiyah Kuningan, telah sukses menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum untuk membekali mahasiswa/i dalam menyambut Era Metaverse. Dengan mengusung tema “Siap Menjadi Pemeran di Masa Depan”. Bertempat di Gedung Djarnawi Hadikusuma Lantai 3 pada pukul 09.00 – 12.01 WIB, hari Jumat (17/02/2023) kemarin.

Kuliah umum kali ini mendatangkan narasumber hebat, yang searah dengan Visi dan Misi STKIP Muhammadiyah Kuningan “Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul dalam Bidang Pendidikan, Teknologi dan Kewirausahaan yang Berlandaskan Nilai-nilai Islam”. Adapun Pemateri 1, Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.Ag., (Masa Depan Pendidikan Islam di Perguruan Tinggi Muhammadiyah), Guru Besar IAIN Cirebon. Pemateri 2, Dr. H. Jaenudin. M.Pd., (Kewirausahaan di Era Perubahan), Rektor IBM Bekasi. Pemateri 3, Dr. Bambang Riyanta, S.T., M.T., (Teknologi Masa Depan; Menangkap Peluang di Dunia Metaverse), Rektor Universitas Siber Muhammadiyah.

Tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa/i dan warga kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan, dalam mempersiapkan diri di era perubahan yang berkembang pesat. Seperti daya saing di dunia pendidikan, dan kewirausahaan yang bahkan telah menggunakan teknologi modern.

Pada kuliah umum dihadiri juga oleh Nanan Abdul Manan, M.Pd., (Ketua STKIP Muhamadiyah Kuningan), Dr. Casnan, M.Si., (Wakil Ketua I), Hermawan, S.Pd, M.Si., (Wakil Ketua II), Dr. H. Uci Sanusi, M.Pd., (BPH STKIP Muhammadiyah Kuningan), Ketua dari setiap Prodi, Pejabat Struktural, beserta mahasiswa/i dari prodi PJKR, PGSD, PTIK, PMTK, PBSD, dan PG-PAUD.

Dalam sambutannya Nanan Abdul Manan, M.Pd., menyampaikan harapan untuk STKIP Muhammadiyah Kuningan.

“Dilingkup perkembangan teknologi hari ini, tentunya harus direspon dengan cepat. Sehingga STKIP Muhammadiyah Kuningan, melalui program peninjauan kurikulumnya dapat responsif. Dari kemajuan teknologi itu sendiri, harus diseimbangkan dengan wawasan terkait dengan keilmuan kita yaitu Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah,” tegasnya.

Baca Juga:  HIMA PJKR Selenggarakan LDKM sebelum Dilantik

Disambung dengan sambutan dari Dr. H. Uci Sanusi, M.Pd., selaku BPH STKIP Muhammadiyah Kuningan yang memberikan pemahaman mengenai pendidikan.

“Dunia pendidikan itu merupakan tingkatan progres, yaitu disaat perkuliahan kita menjadi mahasiswa. Ketika lulus, kita dapat merasakan menjadi seorang pendidik. Itulah siklus yang sebenarnya berputar jika terus berjuang dilingkup pendidikan,” pungkasnya.

Dalam perkembangan teknologi di masa depan kita harus mampu memanfaatkan peluang. Sebab, ketika kita tidak mampu mengambil sebuah peluang di era perubahan. Maka akan tertinggal jauh dengan perkembangan.

“Waktu itu sangatlah cepat dan dunia pasti akan mengalami perubahan, jika kita melawan perubahan pasti itu sulit. Maka, yang harus kita lakukan yaitu harus perperan dalam perubahan tersebut. Ingat masa lalu dengan cermat, tetapi tatap masa depan dengan penuh kecepatan,” tutur Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.Ag. selaku Guru Besar IAIN Cirebon. (Deliya Anitiara Rufikah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *