DIKBASTRADA Adakan Cakrawala Budaya Sunda

Poé Basa Indung Internasional

Kuninganglobal.com Dalam memperingati Poé Basa Indung Internasional, Hima DIKBASTRADA STKIP Muhammadiyah Kuningan mengadakan kegiatan Cakrawala Budaya Sunda. Pembukaan diadakan di Gedung Djarnawi Hadikusuma Lantai 3, pada hari Selasa (21/02/2023).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Hurip DIKBASTRADA Hirup Sunda Rumawat Basana Waluya Budayana,” dan akan dilaksanakan selama tiga hari dari hari Selasa-Kamis (21-23/02/2023).

Pada hari pertama, pembukaan Cakrawala Budaya Sunda dihadiri oleh Nanan Abdul Manan, M.Pd. (Ketua STKIP Muhamadiyah Kuningan), Pejabat Struktural, jajaran Dosen Homebase Prodi PBSD, para Pejabat Pemerintah Kuningan seperti Ridho Suganda, S.H., M.Si (Wakil Bupati kuningan), anggota DPR. Tidak luput para guru dan peserta yang akan mengikuti perlombaan dari tiap sekolah, baik itu tingkat SD/SMP.

Adapun jumlah peserta sebagai berikut:

– Lomba Aksara Sunda tingkat SD se-kabupaten Kuningan 32 peserta

– Lomba dongeng tingkat SMP se Ciayumajakuning 23 peserta

– Lomba Kawih tingakat SMP se Ciayumajakuning 29 peserta

Agenda selanjutnya Seminar Kebudayaan, dengan menghadirkan narasumber yang memiliki pengalaman luar biasa, Prof. Dr. Dedi Koswara, M.Hum., selaku Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dalam bicaranya mengatakan.

“Ulah mopohokeun jati diri urang sunda, salah sahiji budayana nyaéta basa sunda,” ujarnya.

Dalam bahasa indonesia (jangan melupakan jati diri orang sunda, salah satu budayanya yaitu bahasa sunda).

Selain itu, di ruangan lain berlangsung juga dengan kegiatan Lomba Aksara Sunda untuk SD/Sederajat se-Kabupaten Kuningan, Lomba Dongeng dan Kawih tingkat SMP se-Ciayumajakuning. (Rani & Deliya)

Baca Juga:  STKIP Muhammadiyah Kuningan Tandatangani MoU dan MoA PKM dengan Universitas Kristen Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *